jump to navigation

2tak atau 4tak 19 Februari 2009

Posted by babad150f in Uncategorized.
trackback

Sudah gw rasain duo satria dan dari dua jenis mesin nyang berbeza..
Hehe.. :-D
Tapi pada niat gw bukan masalah satria nya,but cuman mo share dikit tentang feeling ngebut dengan mesin 2tak atau 4tak




sateria 2 stroke

Originally uploaded by babad150f

Kira2 kalo depinisi 2tak dan 4tak semua dah pada faham..
Kalo setau gw seh begini
Mesin 4TAK
# biasanya suaranya dan pada umumnya punya suara khas beduk,yang jelas bukan kaya’ beduk buka puasa :-D
#punya tenaga dan powerband(jangkauan tenaga)yang luas
#punya engine brake yang gede,karena kompresinya juga gede
#bobot yang lebih dari mesin 2tak
#punza handling nyang lebih easy
#punya langkah pembakaran nyang zempurna daripada nyang 2tak karna langkah torak tak di pengaruhi lubang exhaust dan inlet
#karna punya powerband yang luas maka makin enak buat nglahap tikungan,maupun meliuk diantara kemacetan misalnya

Kekuranganya:
#Kalo main axel dan topspeed vs 2tak dg cc nyang sama wadu ampyun dah..angkat tangan gw
#dengan power nyang hampir sama,misalkan fu korek vs ninja standart pabrik,dipastikan fu nya jelas2 lebih buoros bbm apalagi standartnya aja fu haus dan harus nenggak paling nggak pertamax
#hehe sapa bilang hanya 4tak nyang ramah lingkungan
#Perlu lebih banyak duit untuk mendongkrak performen engine

Ok,sekarang gw mo share nyang 2tak

MOTOR 2TAK
sejauh ini kesan gw tentang motor 2tak..wew..suaranya kalo standart pabrik treng..teng..teng..dst
Apalagi kalo udah pake racing exhaust a.k.a kenalpot resing..bew..garing..smriwing..whuuung..
Seperti itu gw dengar dari suara knalpot f1zr dan satria 120 gw dulu
KEUNGGULANYA:
# yang jelas axelarasi dan topspit lebih tinggi dari yang 4tak
#di tipe motor tertentu konsumsi bbm lebih irit dari nyang 4tak,yang punya cc sama,namun power yang jauh beda
Contoh: fu dan ninja r
Ternyata fu lebih perlu keluar duit lebih dikarenakan bbm harus minimal pertamax
Atau yamaha scorpio dengan ninja r,yang jelas2 scorpio lebih boros
#overtake atau nyalip kendaraan macem truk nyang panjang lebih bernyali kalo pake 2tak,b’cause tenaganya spontan




sateria 2 stroke

Originally uploaded by babad150f

Kelemahan mesin 2tak:
#biarkata axel dan topspit cepet diraih,namun powerband motor 2tak sempit,alhasil untuk menari di kemacetan akan kalah telak oleh motor 4tak,boleh dicoba,bisa jadi akibat axel yang begitu maknyus motor akan nubruk sana-sini
Percobaan:
Vega vs f1zr(korek)
#handling motor 2tak terkesan liar dan susah di kendalikan,melaju di topspeed lebih confident kalo kita make 4tak daripada 2tak
#dalam block silinder mesin 2tak terdapat susunan lubang in dan ex bbm,menjadikan ring piston lebih cepat aus daripada 4tak
#pembakaran kurang sempurna akibat campuran oli pada pengabutan bbm di ruang bakar,selain polusi berlebih juga kerak2 cepat menumpuk di silinder head,kepala piston,dan kenalpot,parahnya lagi kalo knalpot pake catalitic,dijamin cepet mampet,dan tenaga pun akan ngedrop drastis

Mungkin segini dulu dah sapa tau ada nyang nambahin,dan lagi semua ini cuman dari riding experien pribadi,karna bagemanapun gw tetep terbatas
So..
Laif is injoi

About these ads

Komentar»

1. Petromaxx - 19 Februari 2009

Bongkar sendiri enjin 2tak lbh pede drpada bongkar enjin 4tak (cat: bwt newbi a.k.a pengalaman pribadi jaman sma)
2tak: Bersihin kerak2 d ruang bkar(head cilinder), knalpot d bersihin pake solar+mitan, bersih2 karbu
Beres .. Hehehe kalo waktu di pasang lg ga nyala gwampang masukin gigi2 dorong mtr lepas kopling.. Maknyusss tingal seting baut bengsin vs angin d karbu…
4tak: sekali bongkar waktu di pasang gak bisa nyala T_T
Hiakakakaka

2. fiqri - 19 Februari 2009

seneng gue baca blognya bro babad, bahasanya asik, komen sering oot, jauh lebih seru dibanding baca fans honda ama yamaha perang mulu di blog sebelah

3. babad150f - 19 Februari 2009

@Petromaxx
masi untung bro,cuman gak nyala,lah ada pula hbs bongkar 4tak,pasang lg he…hehe…hehehehe motor jadi jalan mundur
@fiqri
thanx..bisa aja bro

4. exciters - 21 Februari 2009

lha saya bisa bongkar mesin 4tak tp pasangnya bengkel sebelah
dlu pernah bongkar vespa pas di hidupin bisa coba di masukin gigi jadi mundur coz timingnya kebalik

5. babad150f - 21 Februari 2009

BOLEH tuh,dipake freestyle aja sekalian..hihihihi..

6. El - 22 Februari 2009

Justru di liar nya itu bro yg asyik, gw aja dulu pernah kecewa pas servis trus kok jd rada alus gt penyaluran tenaganya..
Rossi aja kangen ma GP 500.. Hehe
Yg point 2 dan 3 nha ntu emang kelemahanya.. Hihihi

7. babad150f - 22 Februari 2009

Gw juga kangen gp500 bro,ngliat vcd cuplikan doohan, sechwant(duh ini nama susah ditulis)apalagi era nya rossi vs biaggi WUU.. seru abiz..
Dan lagi dulunya waktu masi belum ada gp 4tak,alumni 250cc butuh penyesuaian paling sedikit 2musim baru friendly ama mesin 500cc 2tak
,dan itupun cuman pembalap sekaliber vale yang bisa adaptasi dalam waktu hanya 2 musim,kebayangkan 500cc 2tak 4silinder,dan yang jelas mesin racing prototipe..ck..ck..ck..ck BUSYEEET

8. Pinukuik - 24 Februari 2009

Untuk daerah pegunungan lbih makxus msin 4tak

9. babad150f - 24 Februari 2009

Pengaruh powerband masbro,4tak rpm 2000 masih nendang,kalo 2tak kebanyakan ngedrop duluan,maunya rpm masuk tinggi terus

10. Dians - 28 Februari 2009

Menurut aku tetep lebih enak 2 tak buat luar kota lebih irit dari 4 tak dengan cc yang sama. Trus buat pegunungan juga enak buktinya ga ada yang ngalahin RX King ama Satria 2 tak kalo lagi nanjak di pegunungan, Tiger aja lewat ga keliatan dari spion.

11. mig 29 - 2 Maret 2009

@3 babad f 150
kalau mesin salah setting trus jalan mundur bisa dan mungkin terjadi mesin 2 tak karena setting timing pengapian terlalu maju. kalau di 4 tak dimungkinkan karena mekanisme katup yang akan tidak menimbulkan pembakaran sama tekanan yang cukup.
dulu pernah ngalami di suzuki a 100 yang setelan timingnya bisa disetel lewat dudukan spul.

12. dikA - 5 Maret 2009

bang gwA pnyA satria 120R ni mtOr ngBul Bgt pdhAl dah Pke oLi sampIng yg mHAl tpi msiH az ttEp ngbuL… truS mnta SArnyA y bang

13. babad150f - 5 Maret 2009

campur aja oli samping ama bensinya,1 liter bbm: 30mili oli 2t.jgn lupa lepas pompa oli,bersihkan karbu+piston+silinder kop,cek kerak knalpot,cek lubang exhaust + inlet bersihin juga

14. babad150f - 5 Maret 2009

Cek dulu kerak di silinder head,jika keraknya parah hampir kaya’ karet di bakar,kemungkinan ring piston bisa juga linernya udah aus,minta oversize.dan biasanya mesin bunyi ker..ker

15. kepao - 21 Maret 2009

om22,,,maap oot y,,klo rx king ntu irit g ama satria f?? soalnya gw maw bli nh heheh,,,ada g y yg 1 jtan rxking??maap om oot hehe

16. babad150f - 21 Maret 2009

Irit rx king,dg catatan motornya sehat lho..rx king 1jt’an keknya blum dapet bro..

17. QQ - 10 Mei 2009

Buat para yang mau jual motor bodong 2tak/4tak kisaran 800-1jt…
Di daerah BOGOR…
Hub.08999500251
Dicari Cepat…

18. Yoga - 20 Mei 2009

wah kyanya karakter gw lebih cocok bawa 4tak nih stelah liad penjelasan di atas..
huhehehehe..

19. babad150f - 20 Mei 2009

Wohoho..4tak boleh..

20. atokaja - 26 Mei 2009

kalo perawatan sih lebih mudah 2 tak, bersihin silinder kop tinggal buka 4 mur dan bersihin kerak di piston. kalo 4 tak harus lebih repot, sekur klep, setel klep, dll

tapi kalo motor 2 tak spt ninja yang pake radiator, bukanya silinder ko tetep sama ga yah? apa air radiatornya tumpah?

tolong yah yang pernah buka kop ninja bantu jelasin

21. babad150f - 26 Mei 2009

Cabut slang buang(dari pompa ke radiator) yang ada di karter kanan,untuk menghabiskan air di head dan cylindernya.beres bos selanjutnya seperti biasa
.selesai pasang lg slang2 nya,isi lg air coolant sampai top level.
cmiiw

22. Arie Datuk - 17 Juni 2009

di cari katup buat RX Z

23. ahonk octane bachelors - 24 Juni 2009

mau nanya dnk .
klau kata bro” skalian mndingan ninja r atau scorpio klau dliat dari perawatan ma awet nya ?
gw bngung neh mu bli yg mana ..
thnkz .. heheh..

24. RX-KING - 16 Juli 2009

kalo gw mending milih 2 tak!!! siapa yang pake 4 tak di jalan aaaaaaaabissssssss…
1. kalah suara.. (sakit tu kuping…)
2. dari suara kita dah kalah MENTAL….
3. untuk di jakarta percumah kalo pake CC gede, banyak macet untuk gentakan pertama jelas 2 tak..
menurut gw ngak masalah pake 2 tak ASALLLL???
1. jangan pake bensin Min pertamax plus (gw dah pake, lebih irit , bersih asap)
2. stel pompa olie samping ( jgan terlalu banyak atau sedikit)
3. jgan lebih dari 2000 km/ 3 bulan pemakaian standart harus diservis (karbu, blok mesin, busi, saringan udara)
so coba saran gw ,gw jamin ngak kecewa lo sama 2tak..
HIDUP 2 TAK…

25. Rivan rivaldi - 13 Oktober 2009

Mnrt w sch 2 tak mmng raja y jalann…pnglmn w…motor satria 120..w tncp d jln 1 km kr/lbh…bs smp 147 km/jm..n it lum maxi…trz pas w aduin sm tiger…lngsng keok…ngmps tenaga tiger…HIDUP 2 TAK…!

26. Adije - 27 Oktober 2009

Mantapp…

Gw juga punya satria 2tak..!!
Spek korekan.. Blok-kop-balancer dikecilin-karbu dirimer…

Dan hasilnya…..
Jngnkan rxking…
Ninja aja gak ada sjrhnya ngasapin gw…

Trkhr coba ma ninja vrsi 4 tak..
Mang seh gw kalah..
Tp ga malu tuw….
Itupun krn treknya kjauhan…
Tp ga malt tuw di asepin satria gw ampe gigi 5….!!

27. igun - 2 Desember 2009

kalo menurut sy sich…enakan 2tax,dari dulu sy ga pernah kepengin ganti 4tax,soalnya 2tax lebih yahud sama dg punya sy suzuki satria 120,karena lebih gampang dlm perawatanya ga usah kebengkel kerjain aja sendiri.satria sy dah sy korek blok head dipapas,seting karburator pilot/mainjet pake 120/30,kadang2 saya sering gonta ganti setingan karburator.plat kopling racing kitaco,per kopling racing R9,cdi BRT coil tetap standart,alhasil tarikan jd yahud setelah ganti gir depan 13mata belakang 39mata.sy dah jajal sama mtr RX-KING,TIGER,NINJa smua lewat dech..cuma sayang bensin jadi boros,tp ga papa lah…yg penting tarikan mtr sy yahud.
Maju terus 2tax jangan mundur…!

28. Taufik-73 - 6 Desember 2009

Om2 pa kabar…kebetulan sy jg pake Satria 04 2-tak, mau tanya klo stelan angin karb satria emangnya brp puteran sih yg standart..karena sy ada 2 bengkel yg biasa tempat servis berlainan…yg satu bilang cukup satu stgh puteran…yg satu bengkel lg bilang 3 putran stgh…gmana? Dua2 nya ga enak settingan nya…soalnya mau setting sendiri ga yakin…Thanks ya

29. tyo koclok - 7 Desember 2009

salam kenal oM,pakdhe….

30. Elang Setiawan - 7 Desember 2009

Ehmmmm Ehmmmm.
Gabung donk bro…..
Mo tanya ne?? kalo 8 jutaan dpet yg mendingan ato gk ya, buat beli Rx king???
makasih……

31. tyo koclok - 7 Desember 2009

om semua,
mw tny,olie smpng yg baek utk ninja ap aj ya?plus m hrg’na.thnx.

32. hendi - 11 November 2010

ikutan nimbrung Nihh.. Mw Na’ya om Atau Kak’.,
Ngmong” Msalah Korek Motor Balap.,
Sya Pu’ya Mtor satria 2 tk., Tips” korekan Yg pas Buat Medan sircuit naik trun Gnung Gimna Yach.,? Soal’y dpat seatingan Naik Gnung’ya., Trun Gngung’ya Yg gk Dpat., Kadang Ktmu seatingan Trunan’ya., echhh Naik gnung’ya Yg Gk Ktmu setingan’ya.,?
Tlong Tips” yachh.,
O Iya., Sya Jga Lge nyari Warephack Nihh., Yg secound za Buat pke Ndri., ! yg penting Mse Pantes Tuk D Pke Race., N Gk Malu”in.
Ni NO Hp sya.,085250023440

33. lucky - 11 November 2010

@hendi : setting gir aja hen, coba pke 12 – 43..emang sirkuitnya gmn?..

34. putra - 24 November 2010

misi smua ..knlan dlu deh, gw putra
pgen nanya nih,, gw pnya stria 2t,
kluhannya mesinnya bunyi klotok-klotok mulu nih,
slusi yg baik apa y biar g bunyi lg??
teng kyu

35. fazz - 8 Desember 2010

gan ada motor satria 2 tak nga ????
harga nya kurang dari 1.5 juat??
kalau ada inbox ke fb gw aja RAZORDUB ADJAA DOANK.

NANTI GW KASIH KOMISI

36. lucky - 8 Desember 2010

@putra : thun brp satrianya?..coba service bsr liat ring + seher klo udah ga bgs ganti aja, skalian periksa stang seher + kruk as..klo uda oblak ganti aja putra..

37. biangnya motor - 9 Desember 2010

dua2nya memang sama2 satria yg hebat..satria 2tak raja d road race dan satria 4tak jd primadona d drag bike..tinggal suzuki brani ga bkin satria 250 dohc utk menandingi kedikdayaan ninja d kelas 250 (walaupun byk satria f jadi2an yg sering ngasapin ninja 250)..

38. tuyul 2tak - 9 Desember 2010

mudah2an suatu saat 2tak bisa hidup kmbali dr mati surinya dg teknologi bru..

39. putra - 10 Desember 2010

thn 03 gw.. alhmdlh kmrn gw de servis
tpi g gede ko cuma buka block kpling doang
lucky mg beda yaa msing2 stria 2 tak??

40. lucky - 11 Desember 2010

maksudnya beda gmn put?..cba contohin?

41. Sakzoom - 18 Februari 2012

Ganti apa rxz biar sama gentakannya kya rxking

42. rio - 25 Januari 2013

mau tnya ne mass sxan . law abis bongkar mesin ninja .. ganti stang sher , trus d pasang kembali ,,,di hidupin jalan a mundur .. keslahan a d mana tu masss

43. Henry F Tambunan - 26 Februari 2013

mas bro mau nanya nih tentang busi yang cocok buat satria 2tak tipe busi NGK yang gmn? yg tahan lama dan bs utk harian? kondisi motor saya standart,palingan cm stel pengapian aja dan stel angin agak basah, dan jg yang diperlukan busi bertipe dingin apa panas ya mas bro? soalnya saya bingung nih satria tipe panas apa dingin, jd perlu masukan nih dr mas bro.. maklum msh pemula mas bro, thx

NB : skrg saya pakai busi NGK platinum yg seharga 30ribuan, tp msh bingung apakah cocok apa tidak.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 96 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: