jump to navigation

Mengenai Cylinder block fu , vixion dan ninja.. 3 Oktober 2009

Posted by babad150f in Uncategorized.
trackback


Nyang gw bahas kali ini adalah lapisan dinding silinder,seperti biasa artikel ini gw temukan lewat tanya2 kepada mbah dukun,,eits..bukan lah nyang jelas gw tanya kepada mbah google ajah..
..
Lapisan dinding silinder?,,iya,situ pasti sering liat atau denger2 pasangan2 ini:
Satria fu dengan SCEM nya..
Lalu
Vixion dengan DIASIL nya
lalu
Ninja r/rr dengan ELECTROFUSION silindernya
Lalu
Lalu
Lalu-lintas..!!

Langsung dah gw perkenalken satu-satu,dimulai dari satria fu saja
Kalo situ ngliat2 brosur fu pasti ada baca’an SCEM ,. iya .. bener itu adalah singkatan dari Suzuki Composite Elektrochemical Material ,, begini ceritanya scem itu adalllah lapisan nyang sangat-sangat tipis dan kuwat,dan saking(boso endi maneh) tipis nya ukuranya adalah mikron ,.
Mikron hayo mikron lho ya
Emang Mikron itu berapanya milimeter sih??? :-P
Lha,.kalo adonan nya untuk membikin scem,ya pasti saya jugak ndak tau,,TAPI paling ndak ya nanti bisa agak ngerti kalo udah kenalan dengan elektrofusion nya ninja..hehehe minimal ya agak tau lah karna saya rasa proses bikin nya juga agak sama
Btw..Berikut adalah fungsi scem,, katanya sih begini:
Fungsi scem adalah melepaskan panas mesin(block)secara episien,SEHINGGA,,suhu mesin tetap pada suhu ideal DAN,,berkat aplikasi scem bobot mesin juga menjadi lebih ringan dari mesin 125 cc,(maksudnya blok fu ama blok raider125 ya beratan blok raider,karna block raider itu belum scem)

NAH..saatnya mengetengahken tentang super electrofusion cylinder punyak kawasaki ninja 150 series,.lalu..nyang jadi pertanyaan gw antara electrochemical di SCEM ama electrofusion di kawasaki ini apakah merupakan kemiripan dalem proses pembikinanya??keknya sih sama2 pake electro ya? But I don’t know hehehe.,mungkin situ bisa jawab?! Silahken ajah
..
Super Electrofusion cylinder merupaken teknologi lapisan dinding silinder block ninja nyang bertujuan untuk mengurangi efek gesekan ring+piston dengan dinding silinder.

BEGINI..

Bagian dinding liner adalah terbuat dari proses electro-fusi daripada logam tertentu yakni molybdenum dan high carbon steel

Prosesnya beginih

Kawat molybdenum dan kawat high carbon steel dengan diameter 1,4mm dimasukan bergantian sepanjang silinder,kemudian dialiri listrik sebesar 15.000 volt(“diledak kan” untuk molybdenum 15.000 volt dan high carbon steel 13.000 volt) SEHINGGA..logam tersebut berubah menjadi partikel-partikel nyang melebur ke permukaan dinding silinder DAN..membentuk lapisan logam khusus pada dinding silinder(martensite=susunan besi dan karbon nyang kuat)
Proses tersebut diulang beberapa kali(molybdenum 7kali dan hi carbon steel 14kali)
SEHINGGA..akirnya terbentuk lapisan logam nyang sangat kuat(ketebalanya kurang-lebih 0,070 mm)permukaan lapisan hasil peledakan ini bersifat menyerap dan menahan oli samping,dimana dalam pori-pori/celah-celah halus hasil elektro-fusi, oli samping akan tinggal dan akan meminimalisir gesekan secara optimal DAN..disamping berfungsi meningkatkan durabilitas ring piston dan dinding silinder ,TENTUNYA..jugak bisa meminimalisasi penggunaan oli samping SEHINGGA..polusi asap nyang keluar dari kenalpot PUN..sangat minim

NAH LHOO…
kalo dalam introdaksen posting ini diasil di vixion adalah gw sebut sebage lapisan dinding silinder tapi sebenarnya adalah BUKAN,,.,.dalam peroses pembikinanya tidaklah sama dengan dinding silinder ninja maupun fu..JIKA punya SCEM dan ELECTROFUSION adalah memakai proses elektro,,maka diasil memakai sistem cetak+tempa / penyet / pencet

BEGINIH..ehm..ehm..
The DiASil cylinder lahir dari allumunium die casting kelas yamaha global

Terdiri dari allumunium alloy + silicon 20% ,DAAN..dikeraskan dengan sangat keras(die casting)
SEHIINGGA..layak menjadi lapisan dinding nyang kuat dan terpercaya untuk landasan baja,dan hasilnya keseluruan silinder dibuat dari allumunium..perlu diketahui bersama bro and bra allumunium merupaken pelepas panas nyang lebih bagus daripada baja,,perbandinganya adalah 3 : 1 ..DAN LAGI..berat masa jenisnya lebih ringan dari baja..dengan kata nyang singkat; diasil lebih kuat dan ringan dari baja
Lalu pemakaian diasil ini apa fungsinya.,SUDAH JELASlah..adalah sistim pendinginan nyang lebih cepat sehingga engine aman untuk high compresi + mengaplikasi pembakaran kering(irit)

HOKEY..
demikian semua adalah keuntungan tiga jenis dinding silinder fu,ninja150 series dan vixy(dan jupie mx)

NAMUUN.. hanya satu kekuranganya ..yaitu..gak bisa asal oversize seperti silinder block konvensional

Sumber:majalahbikeart

About these ads

Komentar»

1. kentaro - 4 Oktober 2009

Alhamdulilah Pertamax!
Owh,bgtu tho.. Br tw saya..
Lha teknologi sjenis pd mtor HONDA ada g bro? Lo ada,namax apa?
Thx

babad150f - 4 Oktober 2009

Honda/produk ckd honda..sejauh nyang gw tau supra125 FI dan CBS vario saja.. :-D

2. petromaxx - 4 Oktober 2009

wuihhhh……………..
lapisan2 iki mau nek di nggo ngelapisin keris , pedang, golok, belati, celurit de el el…
manteb no mas captain?

babad150f - 4 Oktober 2009

Bwahahahaha..
Lha lak digae nglapisi pacul yo’opo?
Pinggang e sampe pedot yo pacule tetep utuh kiro2 xixixi..

3. aji - 4 Oktober 2009

ooo gitu ta…ternyata lapisan blok rr dilapis pake moly…moly itu merupakan zat yang memiliki koefisien gesek yang kecil…fungsinya menang mengurangi gesekan..biasa dijadikan capuran buat oli (enduro matic make moly buat aditifnya)..jadi berarti molynya dikeraskan mirip2 lapisan teflon…salut banget idenya…2 tak gesekan antara silinder dengan piston tinggi karena sistem pelumasannya mix dengan bensin…sehingga resiko silinder aus bisa dikurangi dengan electrofusion ini

Joko - 7 Februari 2012

Tapi molibdenum bikin kacau kalau ketemu kopling basah. Nggak bagus kalau utk motor. (Kecuali matic yg kopling kering)

4. redbugs - 5 Oktober 2009

artikelnya bagus om, cuman saya banyak gag ngerti, jadi baca sambil manggut2 sok ngerti, bayangin (tau bener apa enggag), tapi pokoke teknologi canggih lha yah utk rider jaman sekarang, ATPM memanjakan ridernya dengan teknologi yang memudahkan.

babad150f - 5 Oktober 2009

Betul2,tapi mbok ya jangan terlalu jujur begitu tho hehehe ..becanda bro

5. El - 5 Oktober 2009

pripun kabare mas babad? kok tukune ninja abang ??? :D

babad150f - 5 Oktober 2009

Kabar bagus bro..
Dereng tumbas..tasik mimpi sing abang sak meniko ..hehehe

6. ledoy - 12 Oktober 2009

kalo mau awet berarti kampas rem juga sebaiknya dikasih lapisan2 tersebut kali ya…?
biar kalo ngerem kayak kereta api gitu.!!!! hehehehe

Babad: bukanya lebih sip kalo pake lapisan sendal karet,,kaliper manual-piston tapak kaki,alias pencet pake kaki xixixixi…

7. devil - 13 Oktober 2009

saya masih bingung nih dengan pendapat bro electrofusionnya ninja rr, kok bisa oli bisa tinggal di celah yg dihasilkan dengan proses tesbt.bukannya akibat panas mesin oli bakal kebakar dan menguap jadi ga bakal tetap menyerap atau tinggal di blok mesin

[Babad:
Sori lupa nambah kata sebagian oli samping-bukan semuanya :-) ]

dan hal ini ga ada hubungannya dengan boros tidaknya oli sanping atau polusi yang dihasilkan (klo dalam hal ini catalyc converter pd ninja lah yg berperan).

[babad:
Elektrofusion ada hubunganya jugak kok :-) ]

menurut saya baik scemnya fu atau electrofusionnya ninja pada dasarnya sama, cuma beda nama, prinsipnya juga sama spt electroplating, penyepuhan,chrom..tp dengan teknik y lbh advance.

[babad: kata "advance" itu nyang jadi pembedanya bro,dan kata "advance" artinya bisa lebih komplex :-) ]

artinya bisa jadi pd vixion juga sama. dlm hal ini pemilihan material proses yang lebih berpengaruh bukan tekniknya, spt yang bro bilang klo kawasaki memilih material yg lebih tahan gesek dan sangat kuat dan yamaha memilih alumunium yg lbh unggul dalam hal pelepasan panas. jd bukan teknik pembuatan yg membedakan sifat sifat blok nantinya.

[babad: bingung..gmana maksud bro..hehehe
Salam]

8. butong - 16 Oktober 2009

wew…
keren coy…
sayangnya msh byk kekurangan…

9. nimorate - 18 Oktober 2009

klo di bore-up, itu lapisannya bubar smua.. dindingnya jadi lembek dah.
makanya ga direkomendasi oleh pabrikan.

10. faisal asyari - 22 Oktober 2009

kata na cehhhh gk bisa di boring y itu semua blok, khususna ninja krn ane jg pake motor ini.

saat ini udah ada gk Mas bengkel yg udah punya teknologi buat ngeboring blok ninja klu udah aus…………?

11. Fariz Motul situbondo - 30 Desember 2009

_ Mas kira2 bLok ninjax kalau dipakek ke Shougun NR aku apa sepedaku akn tmbah laju jalnx????

_ n karbu racing harganya berapa ea Maz?????????

12. softpack - 20 Januari 2010

itulah kekuranganny… gak bisa over bore… kalo pun di paksa over bore.. pasti gampang macet cet…

13. ganjar - 25 Februari 2010

mantaf om !!

14. sea gate - 12 Maret 2010

mahal :-) prnh tuh ngrasain ngganti stang,seker,blok si FU .biuh2 nggepuk pwol. ki durung regane blok si RR :-)

15. reyeZZo - 9 April 2010

I read a article under the same title some time ago, but this articles quality is much, much better. How you do this?

16. schijtbnc - 24 April 2010

I didn’t understand the concluding part of your article, could you please explain it more?

17. kemen - 29 Januari 2012

tiba2 kepikiran nih bro cb, moga didengar….

saya sih penginnya ada motor laki murah dari SUZUKI, KAWASAKI, YAMAHA, BAJAJ untuk para tukang ojek disana,
ga perlu fitur yang neko2 macam SKS, RDB, radiator, DOHC, digital spido, led lamp, dan fitur2 mubazir lainnya

yang penting tahan banting, mumpuni diajak nanjak extreme, kualitas bagus, 3S spare part murah dan gampang, tangki awet, power mesin cukup gede utk dipake ditanjakan pegunungan yg sering dipake tukang ojek ato rakyat2 kecil lainnya

kira2 begini speknya:
kalo bisa harga 15jt-an sampai under 18jt aja
150cc SOHC, 20 PS, manual clutch,torsi bawah gede
rangka besi tubular standar no coak
sok belakang stereo
lengan ayun aluminium
lampu standar bulat klasik
spido analog standar aja
model tangki dibuat agak rata, agar bisa dipake naikin barang bawaan yg kecil
tutup tangki model ninja, biar air ga gampang masuk!
rem depan cakram, belakang tromol
pelk jari-jari aja
desain moncong knalpot mancung keatas, antisipasi banjir gede bo..

mungkin spek ini lebih bisa diterima kalangan rakyat kecil, terutama para ojeker di daerah pegunungan tinggi yang banyak tanjakan

sebenernya dah ada thunder 125, sayang cc-nya cuma 125cc.
dan pulsar 135 hanya 135cc

ato bisa juga ngambil dari basis mesin vixion/byson/satria FU yg udah 150cc

moga2 aja ada yang mau dengar!!!

18. ipanase - 10 Februari 2012

MANTEP KANG ILMUNYA,,,,,,yang lain kelihatan jadulnya,,,,,hisk hiks,,,termasuk ane

http://pertamax7.wordpress.com/2012/02/09/honda-scoopy-dan-honda-beat-tambah-warna-baru-panassss/

19. babad150f - 10 Februari 2012

ah nggak jugak..saya cuman nyari wangsit dari mbah gugel :)

20. mohammad razan - 6 Februari 2013

Bro, ane dari yamahavixionclub.com hehehhe :)
Diasil atau silicon aluminium bisa di oversize bro.
ini logam bukan keras tapi cenderung licin karena ada 20% campuran silicon di aluminiumnya.(Hypereutectic Aluminum)
kalo mau oversize tanya ke tukang bubutnya punya mata korter yang PCD ngak ?. alias mata korter diamond/zyrcon.
pasti bisa … tapi setelah jadi mesti dibilas sama bahan etching alum nih supaya seperti aslinya (keluar silicon nya)
mantep kan.
mampir gan ke website ane di atas.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 95 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: