jump to navigation

Carburetor.. Carb,karbu,kabulator(episode 2) 21 Februari 2010

Posted by babad150f in Uncategorized.
trackback

Kalo blum mbaca awalnya ada disini kemarin mengetaui tempat duduknya pilot jet ama mainjet + nge-set AFR,sekarang mbahas lagi cara menentukan penggantian pilot jet ama main jet + ngliat hasil nya gimana,
Lanjuut ..
..
SETTING PILOT JET UNTUK KNALPOT RACING
Langkah pertama, langsung tanggalkan kenalpot orsi,ganti dengan knalpot racing..udah.. langsung nyalain mesin,masalah setting pj mj ntar dulu..
Nah..Setting AFR via Air screw dan throttle stop!
Gimana testimoni setting nyah?
JIKA
diputaran stationer/idle/langsam(mesin rpm rendah) air screw maunya agak menutup(normalnya 2-3 putaran kekiri dari mentok kanan)ini menandakan ukuran pilot jet udah minta tambah,naikin pj satu step.
Tapi jika air screw di kisaran settingan normal,kita tidak perlu mengganti pilot jet
LEBIH ENAK LAGI KALO NYETING MOTOR NYANG ADA TAKOMETER NYA:
-Perhatikan saat kondisi langsam,putaran mesin ada diangka berapa
jangan dulu mengutak-atik karburator,seperti setelan udara(air screw) maupun stationernya(throttel stop screw).Bila perlu tandi posisi setelan udara maupun setelan langsam tersebut ada di posisi mana jika sudah,baru kemudian melakukan penggantian knalpot,nah.. bila setelah penggantian knalpot idle/langsam mesin naik drastis,dipastikan pilot jet terlalu kecil.misalnya sebelum ganti knalpot langsam ada di rpm 1500rpm,lalu setelah knalpot diganti putaran mesin jadi 2500 rpm atau lebih

SETTING MAIN JET NYA:
Berbeda dengan nyetting pj nyang bisa di lakuken saat motor diam/statis,nyari ukuran main jet harus test jalan karena tugas main jet ada diputaran menengah sampai atas,maka..hayo bawa ngebut :-D

pada gigi 3 atau empat lalu becek gas dalam2
HASIL NYA GIMANA?
Bila lari motor seperti tertahan dan batuk2 di rpm tinggi,itu pertanda kekeringan atau mj kurang gede,dan bila gas ditutup dari rpm tinggi ke rendah(deselarasi) knalpot nya nembak,itu juga kekeringan,mj kurang gede..
..
Menaikan baik pilot jet ataupun mainjet haruslah bertahap,jangan asal patok atau main kira2
Naiknya step demi step
Pilot jet(gap per step 2,5)
Main jet(gap per step 5 angka)

Ups..
Hasil akhir setelah setelah setting pj mj,alangkah lebih puasnya lihat bagaimana warna kepala busi,tentunya dengan melepas busi dari silinder head:
Warna busi merah bata(bagus,AFR pas),busi agak keputihan(campuran udara > bbm)ada angus/jelaga item(campuran bbm > udara)
..
Oke akhirnya tema carbu udah slesai

Bad:
Gambar : ngambil punya orang tanpa permisi,yg punya silahken ngaku :mrgreen:
Post:
Bersumber dari koran bungkus nasi :lol:

About these ads

Komentar»

1. Shogun'ers - 21 Februari 2010

Gambarnya keren tuh, apalagi yang naik motor ala superman. Itu kayaknya Tangan Kirinya ke bawah gantiin kakinya buat GearShifting

2. babad150f - 21 Februari 2010

Betul don’t try this to ride

3. kentadis - 21 Februari 2010

Bner bgt..
Pas HSX125 q gnti knalpot, pertamax dibuat ngebut,kalo gasx dturunin nembak2
Trus sm sodara q dgnti MJ ny, n d sett ulang,jd enak bgt..
Tarikan enak, rpm tggi jg manteb..

4. asmarantaka - 21 Februari 2010

wah gambare suangar tenan…nek nek ndalan menyak gedang bosok tibo rak yoo??…..hahahahhahahahhahaha :mrgreen:

5. babad150f - 21 Februari 2010

@kentadis
Siiip..
@asmarakanta
Pingin tau expresi dia kalo jatoh paling cuman begini = :mrgreen: berdiri lagi sambil pincang2 ama megangi pinggang bwahahaha..

6. shilla - 21 Februari 2010

siap siap disemprot masalah safety riding aja boss….

7. babad150f - 21 Februari 2010

Oke boss.! :mrgreen:

8. wakwaw - 21 Februari 2010

sakit mata gw masuk ke blog ini

Bad: dengan segala hormat nickname anda satunya udah ketangkep.. :mrgreen:

9. kentadis - 22 Februari 2010

Emg sp c bro? :???:

10. babad150f - 22 Februari 2010

Dia belum pernah kesini bro,ip adress nya aja nyang gw cek persamaanya,trus dari ip nya keliatan mirip sekali, :-D dah lupain aja lah..
..
Life is enjoy

#up date:
btw di postingan gw nyang berjudul “ngintip topspeed” dia menamakan dirinya “wico”

11. sea gate - 22 Februari 2010

top dah bad. trit knalpot racing mana? dah d buat neh?

12. babad150f - 22 Februari 2010

Trit knalpot ? Belum nemu bahannya bro.. Tanya aja di marih bro,trus kalo gw bisa jawab ya gw replay :-D kalo gw gak tau mungkin nyang lg nyasar kemari bisa kasih pencerahanya

13. maskurmambang - 22 Februari 2010

Wah ra nggenah ki
tapi ketokke nggaya pas di foto, bar “cekrek”!
mari

14. babad150f - 22 Februari 2010

Hehe.. Mungkin gaya tok ae,jar ne ae .. Ben sak polahe hehehe..

15. sea gate - 22 Februari 2010

wah podo wong kulonan kbeh ki? nyang mo t tanyain klo mo ganti knalpot pst naekin PJ MJ ya? trlepas bgs g nya pengapian

16. sea gate - 22 Februari 2010

wah podo wong kulonan kbeh ki? nyang mo t tanyain klo mo ganti knalpot pst naekin PJ MJ ya? trlepas bgs g nya pengapian.khususnya bwt ninin RR :-)

17. babad150f - 22 Februari 2010

Masalah ganti pj+mj untuk adaptasi kenalpot racing,Silahken diterapkan postingan ini,trus masalah pengapian,sepanjang pengapianya sehat masih bisa memakai pengapian standartnya aja bro

18. asmarantaka - 22 Februari 2010

orak ngono bro,,,jgn2 malah ngmng ngene: “mas…tulung gocekke sedelok sikilku…aku tak ngeresiki otakq yg bercecerannnn”…hiyy…ahhahhaa

19. babad150f - 22 Februari 2010

Hi…. Dadi demit..trus ngomong “kembalikan shockbrekerku..”

20. kentadis - 24 Februari 2010

Eh mas bad, kata temenq ada karburator yg g ada pj n mj nya..
Jd dah dipaten g bs lepas dari karbu gt..
Tw g mas? Bth pencerahan nie..

21. babad150f - 24 Februari 2010

Wah.. 8-O nyang pasti itu bukan motor CKD,gw belum tau bro..

22. asmarantaka - 25 Februari 2010

haahhahaha…..maling shockbeker too dadine??….hhehehehhehehehe :mrgreen:

23. babad150f - 26 Februari 2010

:mrgreen: lha jare wingi golek shockbreker gp125 ?

24. asmarantaka - 27 Februari 2010

hahahha…sisan sak velgnya lek… :mrgreen:

25. adit - 28 Februari 2010

g mas,kl sy malah kbalik..
mtr sy stria fu robahan n pke krbu pe 28.
kl pngalaman yg sy jlas rasain malah kbalikan..
mtr sy batuk2 wkt d rpm 10000ani,n wkt sa kcilin main jet nya (125 ke 120) malah jdi enak banget..

26. 初体験 - 2 Maret 2010

これおすすめっす!!

オナニー
童貞
筆おろし
童貞
逆援

27. babad150f - 5 Maret 2010

@adit
Bisa jugak geto,makanya kan kepala busi juga di cek bro :-D

28. blueray - 31 Maret 2010

bros kalo di karbu skep.. kayak PE ndll..
ane pernah pake di scorpio..
tiap nutup gas di high rev.. pasti dor..
ternyata bukan MJ minta gede.. tapi PJ minta naik..
soalnya kata mekaniknya tiap kita nutup gas n drop rpm..
kok suply BBM di bantu pilot jet juga ya ??

tul gak sih..
maklum ane cuma ngekut mekaniknya ae..
setelah PJ naek lagi.. nutup gas di high rev jadi gak dor lagi..

CMIIW ya bros..
maklum nubie..

29. babad150f - 31 Maret 2010

tergantung dia ngedornya di rpm berapa bro..kalo kompresi gede udah di korek biasanya mj nyang minta gede..coz.. enjin dg hi-compresi pada saat engine brakenya jarum takometer slalu melejit di rpm tinggi

30. tomi - 9 April 2010

aku pngen delok RX king broooooooooooooooooo
Seng paling kuemceng piye jajal………….

31. tomi - 9 April 2010

enek sek ngerti gak ????????????????
korek korekan mesin RX king sak kabehane.
enek gak pic-pic-ke??????????
gambar mksde…….

32. andrean789@yahoo.com - 9 Oktober 2010

mas gy mna si caranya jupitr bisa lari cepet,tanpa di ganti seker

33. babad150f - 9 Oktober 2010

ada..!!.. cuman main porting polish ama ninggiin kompresi ruang bakar.. tapi konsekwensinya bro harus ngisi pertamax plus..mending ganti boring aja overbore pake piston gede tapi kompresi di samain sama standart nya

34. bajul - 24 November 2010

dimana beli pj f1zr wilayah jaksel. thank for infonya bro-bro yang ganteng

35. hoky - 21 Maret 2011

INGAT,ANDA HANYA NUMPANG LEWAT.!

36. babad150f - 22 Maret 2011

lewat mana om..

37. yosi ninja - 17 April 2011

Mas babad ! Pa kbr nih ? Banyak ilmu dapet dri ente mas,satria 2 tak saya semi korekan,sbelumnya pake karbu rx king..but dapetnya susah,pas dapet power ngga lepas,nyetting karbu tahan di rpm 4000 angin di buka pelan2 bacot te ngga bulet n ngga lepas !! Blok korek2 ringan aja,sekher ukuran 0 rgr ,papas seher dikit,klager racing,knalpot ahm,per kopling racing,busi racing,..top speed baru ngejajal tembus 145 kpj kburu sampe di trak 800 an mtr ! Pake gir blakang 33,pas pake gir blakang 42 ..lari mentok di 135 km di trek yg sama ! Cuma di bawah galak tapi pendek2 n smp standing !! Skrg sya lg ganti karbu pwl 28 kondisi pj n mj standar bawaannya !! Nyetting tanpa jalan !! baru dapet settingan ketika angin di buka pelan2,berenti di rpm tertinggi !! Saya kaget bgt ngga nyangka suara nyaris n sama bgt motor drag korek abis,kalo di bandingin ninja rr std saya pake knalpot racing tdr ! 2x nya suara ninja jika di blayer !! BBBBAAAAH….BBBAAAAH..!! Nyeri bgt mas ! Ngga ngebayang powernye !! Yg mo saya tanya : pj n mj std nya aja cukup ngga mas ? Kondisi busi pas di cek agak basah n item ! Jarum skep saya naikin 1 step dari tengah, masih nyisa 1 step lg tapi sya kuatir kekeringan bisa2 jEbol ntar ! N knalpot ahm aja cukup ngga ? Trims mas bad.

38. basonk88phili - 24 Agustus 2013

Broo,mtor ane fu2013 karbunya mau ane ganti karbu rx king,kira2 pj mjnya yg pass piro yo mas beerrroooo……….

Salam super


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 94 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: