jump to navigation

Trouble PAIR control valve satria FU 150 20 September 2008

Posted by babad150f in Uncategorized.
trackback



Jogja sport#32008

Originally uploaded by babad150f

Proses(dicontek langsung dari majalah jogja sport edisi3-2008)lahirnya tehnologi tanpa diimbangi dengan pemahaman dan pengetahuan justru akan menyusahkan.seperti diceritakan oleh yoga,mekanik astro motor,tentang pengalamanya pada saat mengerjakan suzuki satria fu150 kepunyaan trisno sohibnya.gara gara slang vakum pair control valve terjepit insulok(cable ties),pada saat mesin di hidupkan dari knalpot muncul ledakan-ledakan mirip petasan.Hati-hati…! jangan salah tebak penyebab bunyi dar…der…dor..!
PAIR(pulse scondary air injection)control valve dibuat untuk menekan kadar emisi gas buang.pada FU peranti ini terpasang pada penutup mesin bagian kanan atas(gambar1)teknisnya adalah sistem suplai udara skunder dengan memasukkan udara bersih kelubang masuk gas buang.
Terdapat slang vakum ke intake manifold dan saluran dari filter udara.jadi bila ada tekanan negatif(vakum)udara segar akan terhisap ke lubang gas buang,tujuanya adalah membakar sisa gas buang yang belum sempat terbakar semua.sehingga racun(hc dan co)berubah menjadi karbondioksida(co2)dan uap air(h ) yg tidak begitu berbahaya
Harus diperhatikan slag vakum yg terhubung dengan saluran masuk setelah karburator.jika terjadi kebocoran pada slang(pecah)tau terlepas (gmbr.2)maka udara luar akan menerobos masuk ke ruang bakar.akibatnya mesin akan susah hidup,seandainya hidup cenderung tinggi dan tidak mau stationer(langsam)
Lainhalnya jika slang vakum yg tergencet atau terjepit cable ties(gbr.3)mesin bisa hidup normal tapi pada saat gas dipelintir akan terdengar suara tembakan pada knalpot.kadang kala disertai dengan jilatan api.tapi jika yg terlepas atau bocor slang dari filter udara(gbr.4)tidak ada pengaruh apapun karna slang ini fungsinya hanya sebagai penyuplai udara bersih.hanya saja bila slang terlepas.maka udara yg masuk tidak tersaring sehingga menyebabkan jeroan Pair Contol Valve menjadi cepat kotor.

Of note:
Gambar terdiri dari empat gambar guntingan dari sumber
Dua gambar diatas gmbr1 dan gmbr3
Gambar bawah:
Gmbr2 dan gmbr 4

Komentar»

1. spyware - 14 Mei 2009

solusi buat kencangi motor satria tapi modal pas pasan gimana

2. babad150f - 14 Mei 2009

Ganti karbu rx king..mainjet dan pilot jet disesuaikan

3. jhon - 10 Maret 2010

sesuai tips diatas kutipan dari majalah jogja sport edisi 2008 untuk menghilangkan suara ledakan-ledakan pada suzuki fu telah saya coba,tapi hasilxa nihil alias tidak ada perubahan. Adakah tips lain yg bisa dilakukan?

4. bilal - 27 Oktober 2010

di tutup ajah tuh gak akan apa2 koq..
ane pernah make fu temen ane…
jadi itunya di tutup make besi truss di bautin…
nahh jadi gk usah make pair control gk ppahhh..
kalo orang jogja mau nyobain kyk gitu sms nmr ane ajjah..
081998282526
kalo mau ngencangin fu mending make karbu NSR SP wae,,
settingan pas ntar laju juga kenceng, blom lagi irittttt…
ane udah nyoba di bandingin karbu bawaan fu..
truss biar respon kopling nya cepet ganti tuh per kopling ma yang racing…
ntar biar wussssshhhh,, bisa standing kalo gk ati2… wkwkwkkwkw…

Doni Iskandar - 22 November 2012

kalo motor kita hidup tapi setiap kita bawa kebut dia tiba” mati klo putaran tinggi apanya gan… tolong di bantu 089626619009

5. eser - 15 Mei 2012

gan z punya fu 2009… tapi sering mati2 mendadak, dia nyala cuma kalo gasnya di tarik mesinnya malah mati ….!! gaman tu gan .. ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: