jump to navigation

Libas tikungan.! 7 Mei 2009

Posted by babad150f in Uncategorized.
trackback



Ride From Hell in action

Originally uploaded by babad150f

Suka dengan tikungan cepat
atau sekedar main aman menge-slow-kan diri.,terserah anda.,apalagi ini jalan raya bro..selama gak nyelakain orang lain,.mmm..why not..?!
Iya-iya gw faham, kalo mo aman main di circuit soale kalo jatuh paling ya ke gravel,pasir..ya gitu dweeh..tapi kalo jalan raya hmm.!!. Sekali jatuh bisa2 langsung..koit..naudzubillah jangan sampe deh.
Tapi paling nguras andrenalin emang tikungan yang di hiasi dengan tanjakan dan turunan tajem,menurut experien gw sii nyang begituan gw dapet di daerah pegunungan Sedudo waterfall

Yap..karakter tikungan disono udah pernah gw post abis2an,lalu ya ga usa di bahas lg lah yak😛

ROLLING SPEED
Sebutan ini sering banget gw baca,depinisinya jugak membingungkan banget..atau bole di kata mbulet,muyek..
Katanya sii nggantung RPM,nggantung pigimana jugak gak jelas..
Memang juga kalo rolingspit coco bwat tikungan parabolik,itutu tikungan panjang ala parabola, dan umum nya nyang begini bisa dilibas dengan kecepatan tinggi,trus menurut tafsiran gw cieee..rolingspit ialah :istilah menggantung RPM/ menahan rpm pada saat menikung dengan tujuan mengumpulkan power untuk lari sejadinya selepas keluar dari tikungan
YA..NAMANYA JUGAK TEORI BRO..SEDIKIT BANYAK PASTI ENAK “NGOMONG” NYA DARIPADA M-PRAKTEK-INYA
lanjut..
menggantung rpm kek apa sii?..yuk inget2 dikala adu topspeed kadang2 pake slip kopling sgala kan?hasilnya walo thottle udah abis tapi rpm masi bisa naik tapi malah laju motor jadi agak turun..nah..nyang begituan tu..
namun kali ini sekali dapet slip langsung tahan
Dan saat tikungan mulai habis kurangi gear/gigi sesuai kebutuhan,lepas slip kopling .. Hati2 tekan steering kebawah supaya ban depan gak ngangkat

SUDUT KEMUDI
good..setelah urusan throttle udah jadi lanjut cara nikung.hati2 dg sudut kemudi karna yang berperan saat ini adalah kecondongan,kemiringan motor karna pergerakan tubuh si rider(lean body)
Gampangnya aja saat kita jadi boncenger,walaupun kita duduk dibelakang si rider toh,kita dapet membelokan arah laju motor tanpa megang steering(setir)
Jadi motor belok karna posisi kemiringan yang memerankanya namun kemudi tetep berperan,tapi sedikit katakanlah hampir gak berperan..kalo maksa ya silahkan..kemungkinan besar anda akan jatuh

POSISI KAKI
Contoh aja saat kita menikung kekiri,posisi kaki kiri pada ujung kaki(jinjit)menekan footpeg kiri,kenapa ujung kaki?ini sekaligus menghindari terjadinya gesekan antara kaki dan aspal yang bisa berakibat fatal dalam melibas tikungan..posisi kakikanan tetep pada tempatnya tugasnya mengembalikan kemiringan motor menjadi tegak selepas tikungan dengan menekan footpeg kanan
Posisi badan terserah aja tergantung kapasitas kecepatan dan tikunganya

POSISI TANGAN
menahan stang kemudi agar tetap stabil dan menekanya kebawah supaya ban depan tidak kehilangan traksi,karna pada saat kecepatan menurun secara otomatis titik berat berpindah ke area depan
posisi tangan diiringi posisi badan agak condong kedepan,tujuanya yaitu tadi TRAKSI
..
Trus gmana dg traksi roda belakang?yap..dia bisa menyesuAikan karna efek engine brake tapi kadang bisa sliding..tapi jangan panik cuma sedikit🙂




rider view

Originally uploaded by babad150f

POSISI PANDANGAN / RIDER VIEW
disini hanya “berbicara” tentang pandangan rider ketika menikung ini sepele tapi krusial bro..penting! Biasakanlah melihat jauh kedepan jalan yang akan dilalui motor,dan jangan hanya fokus pada haluan motor yang kita kemudikan,penting nya apa?supaya kita gak panik dan sigap dalam menghadapi cornering/tikungan sehingga sudah bisa mengetaui antisipasi apa setelah keluar tikungan,sementara itu biarkan motor meluncur pada radius kemiringanya

part pendukung
~rem,shockbekes normal
~ban tipe race
~footpeg race
~sliding pad knock down

Komentar»

1. adicuzzy - 7 Mei 2009

Manstab bro, wah, gw takut kalow mereng-mereng pas nikung coz footstepnya standar.,
Bisa2 malah nyusruk ntar.,

2. Uddin - 7 Mei 2009

Dalan aspal dari trenggalek ke pacitan jg uenak kanggo miring😀 … Jalur lintas selatan

3. El - 7 Mei 2009

ane ga berani dah ngebut2.. :p

4. babad150f - 7 Mei 2009

@uddin
Boleh-boleh,kalo ada waktu boleh jugak tuh🙂
..
@El + @adicuzzy
Nyang bilang takut dan gak berani tuh biasanya biangnya tikungan tuh
Huahahaha..😀

5. lodozz_oreo - 7 Mei 2009

bad,,,

abis baca artikel ini aq jd inget dulu jaman kuliah malang. Tiap pulang kampung ke tuban pasti lewat jalanan pujon-kandangan (pasti kamu sering ya😀..)

Dulu tiap pulang pasti adu nyali dengan teman2..lumayan buat lemasin otot.
Aq pake honda Supri ehh salah Supra dengan ban ukuran unyil alias 200 depan belakang (masih ngetrend gaya arm maju). Pernah sih adu cepat ama anak kediri, tuh anak pake GL..wuihh anjrit tuh GL ampe nempel kayak perangko dengan aspal footstepnya, aq coba juga tapi ban motor sliding tackle tapi ga jatuh. Untung masih selamat ga ngesot ke jurang (wkekekeke).

6. babad150f - 7 Mei 2009

Hadedede ati2 bro ban drag kok dipake nge-lahap tikungan juga..sering dulu lewat daerah situ tapi naek bus mini😀 .
Jalanan alus..dan kalo mampir “pit stop” nya makan durian yak
..
Emang bro,bukanya gw baik2in shockbeker honda,bayangken dengan ban biasa aja wenak banget buat nikung,seperti gw dolo make supra tromol keluaran pertama dan gl max taun 91

7. Andi Rokhman - 8 Mei 2009

nice articel bro🙂
yg saya bingungin..misal belok ke kiri.. gmana posisi lutut? pandangannya juga gmana yg benar? apakah lurus? atau mengikuti tikungan. .
katanya juga posisi pantat berperan juga buat titik gravitasi saat berbelok bro?😀
1 lg bro, maaf mbrojolin bnyk pertanyaan . pas melibas tikungan badan tegak, semi-tegak, atau nunduk ? .

thanks

8. At0z - 8 Mei 2009

Jadi pgn plang kmpung..blapan d purwakarta n nagrek…

Lbarn msh lama yak..

9. babad150f - 8 Mei 2009

@bro andi rohman
Posisi lutut..peranya untuk mempengaruhi titik gravitasi. dan penopang,namun nopangnya fleksible aja,makanya pake sliding pad😀 .
Masalah turun pantat kalo emang mau meminimalisir jalur supaya tidak melebar,konsekwensinya buka tutup throttle harus hati2,keuntunganya kompon ban lebih awet CMIIW

10. babad150f - 8 Mei 2009

@bro atos
Jiiah..lebaran?, masi lama lage

11. BlackAssassinRaider - 11 Mei 2009

Ada tips supaya enak rebah pas belok kanan?hehe…..
Dr bbrp X turing paling susah kalo rebah kanan, klo kiri sie enak2 aja!hehe

12. babad150f - 11 Mei 2009

Sama aja pada prinsipnya bro,kalo susah kaitkan kaki kiri di persneling/pengungkit gigi,supaya bahu tidak capek menahan berat badan yang cenderung mau jatuh kekanan

13. lodozz_oreo - 11 Mei 2009

benar bad…

rata2 orang suka belok kiri drpada belok kanan.

apa perlu ikut safety riding lg ya dari pak pulisi…hehehehe😀

14. Burh_N - 11 Mei 2009

bro…klo nikung ke kanan ane enak aja ntu…persis seperti artikel di atas,posisi kaki kanan jinjit….tapi harus pinter2 jaga kecepatan….kebanykantmen2 yang ane tayain mereka klo nikng kiri pasti tangkai rem kena aspa, truz ane taya sambil ngerem ya? jawabnya iya…..
ya pantas lah klo kena aspal…
klo gak mau kena aspal ganti fostep racing/pasang aja cakram blkng… gitu aja kok repot…..
sory bro kebanyakan ya………ha…….

15. babad150f - 11 Mei 2009

WeHehe no problem mas bro kebanyakan,.tapi masa’ nikung kiri kok kena tangkai rem..keknya ada nyang kelupa’an ya🙂

16. babad150f - 11 Mei 2009

@bro lodoz
Wehehe ntu tiaranya udah nongol bro

17. dhey - 13 Mei 2009

mas babad, ikut nambahin ya..

untuk masbro2 yg suka atau penasaran cornering, monggo cek
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1177169&highlight=serba+serbi+cornering

18. babad150f - 13 Mei 2009

Hehe..gw ambil nya dari sono,cuman gw sempurna’in lg..gw perjelas lg

19. Nick 69 - 14 Mei 2009

Gue pnah kaget mo gubrak gr2 ngerem blakang wktu nikung kekanan miring,.
Sbnarnya tinggal riderna,
Brani2 ngeplek aja..
Kalo gue siy sebelum belok sdikit rem,
Pas belok malah gue gas
(Liad sikon)

20. lodozz_oreo - 15 Mei 2009

thanks bro buat artikel Yamaha Tiara..:-D

21. otim - 15 Mei 2009

waduh jadi kangen masa2 dulu klo liat foto diatas… apalagi pas ngudak yg di depan, libas di tikungan.. mantab bgt dah he..he..

nice post brader!!!

22. babad150f - 16 Mei 2009

@hayden
La..la..la..belok koq sambil ngegas..

23. babad150f - 16 Mei 2009

@lodozz
You’re welkam🙂

24. Nick 69 - 16 Mei 2009

@bad
Sensasi pembalap gitu loh
wkwkw

25. babad150f - 17 Mei 2009

@bro otim
Jiah..komentnya kok masuk spam yak..akismet kadang2 emang nuakal..ben wae ngko mbah ismet tak saduk’ane..
..
Lah..ketauan nih,mangkanya pake ban profil lebar..ternyata suka tikungan juga toh..wehehe..

26. Fachrulx2 - 25 Mei 2009

bro…. klo lgi nikung , lutut gak kena aspal kan!!! guengeliat rossi kagak kena, semua pembalap juga

27. babad150f - 26 Mei 2009

Kalo lutut jelas gak kena,tapi sliding pad nya yg kena🙂 ,mari di cek,pasti dah sliding pad nya pada lecet2

28. El - 26 Mei 2009

@nick
mungkin mirip gw, gaya elo.. sebelum masuk tikungan injek rem secukupnya diimbangi engine break shift down gear.. masuk tikungan jaga rpm jangan sampe terlalu drop.. mata dah liat jauh kedepan.. sampai puncak tikungan, lepas dikit langsung betot gas.. ga tahu dahhh bener apa kagak.. secara gw cuma belajar nikung sepanjang pantura doang.. itupun sambil takut2 pengen wekekekekekeke..
kalo bener2 lepas gas, pas nikung bukannya rasa2nya gripnya malah kurang yah..

29. El - 26 Mei 2009

kamsudnya lepas dikit langsung betot.. lepas dikit dari tikungan yak ..😀

30. babad150f - 26 Mei 2009

Lah..iyalah,masa’ mpek2 palembang mo di betot jugak😀

31. Nick 69 - 20 Juni 2009

@el
Yap,absolutely bro..
Exactly tepat sekali..
Footsteep doank yg ganggu,
Tp kalo jalan basah,gw angkat tangan😀

32. Crurryassesia - 11 Januari 2010

winsome answers i like it


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: