jump to navigation

Carburetor,kalbulator,karbu,kalbu.. (episode 1) 19 Februari 2010

Posted by babad150f in Uncategorized.
trackback

Sambil ngisi waktu senggang,gak ada salahnya toh ngutak-ngatik karbu,pake ilmu ngawur juga gak masalah,kalo gak enak hasilnya tinggal tuntun motor ke bengkel betulan😆



Singkatnya adalah part yang bertugas nge-mix bbm dan udara..prosesnya,disaat piston di cylinder melakukan langkah isap,bbm dalam mangkok karbu terisap naik melalui pilotjet atau mainjet masuk kedalam cylinder,karena udara nyang terisap melalui venturi karbu mengangkat nya naik lalu mendorong nya kedalam ruang bakar.
Jadi..semua part didalam karbu harus lah berkerja sebagaimana mestinya agar AFR:air fuel ratio senantiasa seimbang(sesuai ratio permintaan pembakaran)


Selanjutnya mari kenalkan,dia adalah Pilot jet(PJ)dan satunya Mainjet(MJ)
PJ atau pilot jet tugasnya adalah menyetir pesawat jet..:mrgreen: .. Bukan agrh.. Tugasnya adalah penyuplai bbm di putaran rendah~menengah,artinya:semenjak mesin di starter hidup isapan udara dari venturi karbu akan membawa bbm dari mangkuk karbu melalui PJ,part ini bertugas dari rpm rendah sampai rpm menengah..
Selanjutnya kenalkan dia adalah Main jet (MJ) adalah part penyuplai airfuelmix pada putaran rpm menengah sampai atas.
Jadi kalo mau ganti ukuran PJ MJ setelah mengganti knalpot ke tipe racing kita dah tau letak nya.

Bukan hanya saat berganti ke knalpot racing aja kita harus ganti pj mj,seperti; oversize,overbore,merubah rasio kompresi,dan melapas filter udara juga perlu ganti pj mj..(nyetting nya berlanjut ke episode2 ya)
..

SETTING AFR via Pilot air screw dan Throttle stop screw
Wis..jan..bahasa bule semua ini..:mrgreen:
Begini nyetting nya:
Putar grip gas sampai pada seperempat putaran,lalu tahan.selanjutnya putar Pilot air screw kekanan sampai mentok,nah tiba2 suara mesin tadi akan turun sendirinya,jaga jangan sampai mati dengan nambah putaran gas lalu tahan lagi,jika sudah putar kembali pilot air screw kekiri secara perlahan sambil menemukan suara rpm tertinggi(karna seiring diputar pilot air screw kekiri rpm akan naik lalu turun lagi) kita cari suara rpm paling tinggi(pertanda setting selesai,AFR yang bagus udah ketemu)
Pilot air screw: skrup pengatur udara dari venturi karbu(mulut karbu)
Throttle stop screw:skrup pengatur naik turun nya rpm via skep
..
Bad: berlanjut ke episode 2,tentang nyetting pj mj + knalpot racing dan membahas bekas pembakaran di busi

Komentar»

1. asmarantaka - 19 Februari 2010

Pertamaxx kah??….hehehehhehehe:mrgreen:

petromaxx - 21 Februari 2010

:mrgreen: mentjoba untuk overtake cari podium djuragans😆

2. asmarantaka - 19 Februari 2010

kalo pake bensin campur ngadat ngk tuh karbu??

3. asmarantaka - 19 Februari 2010

Podium tiga sekalian direbut ahh….:mrgreen:

4. babad150f - 19 Februari 2010

Bensin campur dorong:mrgreen:

asmarantaka - 20 Februari 2010

wah pembalap to…kan rak no statere..hahahhaha

babad150f - 20 Februari 2010

Bukan gak ada statere,lha wong bensine habis,bias distater sampe elek yo gak bakal jalan:mrgreen:

asmarantaka - 21 Februari 2010

dikei lengo klentik wae….hahahhahahaha

5. Han doio - 19 Februari 2010

Bahasan ninin mas bad yg baru…mana??mana,mana,mana hehehe.
Malah karbu,lha yang beginian dah berungkali tak baca di koran je.

6. babad150f - 19 Februari 2010

Bahasan ninja belum ada skrinsyut nya,gw masih di jambi bro,
..
Bahasan begini jaga2 kalo korannya hilang

7. kentadis - 20 Februari 2010

Wah,koyo pelajaran kelas 2 ki..
Tp karbu mobil:mrgreen:

8. babad150f - 20 Februari 2010

Gw malah gak pernah dapet pelajaran kek gini bro,modal gw dulu cuman liat abang gw nyang ngebengkel,gw ikut2an sibuk ngliat😀

9. kentadis - 20 Februari 2010

@ bro bad
Lha aq kan skul di stm bro:mrgreen:

10. babad150f - 20 Februari 2010

Wew..itulah bro,sekolah pelayaran adanya pelajaran seputar anjungan kapal saja..
Apalagi dulu pas sekolah malah kena disiplin militer ala hutan rimba hahaha..persis pukul2an ala stpdn..halah sudahlah tambah malah parah lagi:mrgreen: sori neh buat bro-bro laen nyang ikut mbaca postingan ini
Keluar jalur mode : on

petromaxx - 21 Februari 2010

sempet gigi patah juga ga’ kang babad, sewaktu di godhog di kawah tjandra dimuka? wkwkwkw

btw kempul bengsin bahasa tekniknya opo mas captain

11. kentadis - 21 Februari 2010

Sklhx d semarang apa jakarta bro?
Wah kalo digituin, berarti pz jd senior jg smpet nggituin junior donk:mrgreen:
Oh ya, kalo di karbu kn ada idling sistem, power sistem, n accelerating sistem..

12. babad150f - 21 Februari 2010

@petromaxx
Gigi patah temen nyang ngalami bro,tapi nyang jelas lebih dari 10 orang dari 100siswa,udah melarikan diri(seperti kabur dari penjara) dari asrama:mrgreen:
..
Kempul bensin sing ngendi bro.?

@kentadis
Di surabaya
..
Ya mau gmana lg adat senior-junior udah demikian
..
Kalo karbu motor diatas udah dibahas termasuk sistem kerjanya,idling sistem,power n axelarasi keknya juga udah🙂

13. lekdjie,dab.. - 21 Februari 2010

nyari pj dan mj nya dmn bos?

14. kentadis - 21 Februari 2010

Iy mas,dh to..
Waktu itu bpkq nawarin mu d kuliahin d SBY, tp q lgsg g mw,hhe

15. petromaxx - 21 Februari 2010

kempul bengsing eh bensin nomer 17 bos

16. babad150f - 21 Februari 2010

Oo..pelampung itu bro,aku gak tau basa bule nya apa

17. babad150f - 21 Februari 2010

@lekdji
Piye to bos,😀
Maksute nyari,belinya kah,atau tempatnya kah,atau gimana,
..
Mohon mangaf komentar sampean di masukan spam ama akismet.. Emang akismet itu udah rada pikun😆

18. stoner1 - 22 Februari 2010

mas babad.. bahasin jg donk karbu tipe cv/ vakum….

19. babad150f - 22 Februari 2010

Oke.. Ntar kalo gw pulang aja,sekalian ambil foto2nya,tapi kalo sempat sih

20. roy - 13 Mei 2010

hmmm…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: