top speed bukanlah segalanya..(ninja rr vs F1zR) 22 Juli 2010
Posted by babad150f in ShoZu.Tags: ShoZu
trackback
by the way nih bro ya..kalo membahas top speed itu adalah ukuran untuk kecepatan dalam menempuh suatu jarak..ok..sampai disini gw setuju..tapi ketika di tambah dengan kondisi traffic jalanan hmm .. keknya top speed bukanlah sebuah jurus manjur untuk mempersingkat waktu..sebagai contoh aja..dalam postingan vixion bulan lalu,gw dah ukur jarak tempuh antara tempat saya tinggal(kediri)ke surabaya (kampus bp2ip)jaraknya adalah 130km..laptime gw bervariasi dan itupun dengan tipe kendaraan yang berbeda dan dengan topspeed nyang beda jauh pula..ok..gw share satu-satu ya..pertamax: dengan menggunakan R4 mesin 1300cc DOHC top speed nya menggapapai 140 kmh dan time nya adalah 3 jam….keduax: ninja rr mempunyai maksimum kecepatan 190~200kmh dan waktu nyang dibukukan adalah 2jam…selanjutnya adalah honda supra x 100 topspeednya 100kmh dan menempuh waktu 2jam 30minit…….satria fu topspeed 135kmh dan catatan waktunya adalah 1jam 30minit ..dan nyang paling gw heran pada tahun 2002 adalah yamaha fis-er ..topspeed(tak ada spido tapi nyang jelas masih jauh dibawah ninja 150rr) dan ternyata motor ini telah membuat rekor gw dan belum pernah pecah sampe sekarang..yups.. hanya tepat 1jam 10minit…hehehe..bener-bener gak penting banget ya postingan ini..okeh..apasih sebenernya nyang ingin gw sampaiken..begini..adalah penting nya menjaga kecepatan rata-rata(av speed)kalo dihitung av speed gw dengan ninja rr adalah 65 kmh hehehe..pelan banget ya..padahal dengan av speed segitu keknya dah ngoyo banget..karena kondisi jalanan adalah jalur halang rintang ..ada tikungan..ada lampu merah..ada kereta lewat..ada jalur pasar..ngepom.. dan macem-macemlah nyang bikin timing rute nya anjlok…ok..mari itung2an av speed gw diatas ..R4 mempunyai avspit 43,3 km/h..didapat dari 130 km dibagi 180menit(3jam) lalu hasilnya dikalikan 60menit = km/jam….dan ini adalah hasilnya=== ninja 150 rr = 64,9kmh..supra=52kmh..fu=86,6kmh…F1zR=111,42kmh
Ngisi PREtaMAXX Bro..
selamat bung andalah yang dapat bintang..nikmati bung bintang segalanyaaaa…(sambil ngiklan bir) 😆
Tak ciak jg lah KETIGAny, tanggung Bro.. BaBat abis podium.. Baru ngerasain bur Bangtingnya Bro BaBad..
emang bener mas, kecepatan rata2 emang yang menentukan waktu tempuh. btw kalo F1ZR bisa membukukan laptime tercepat sih gak kaget, pada dasarnya motor iku emang kenceng lagian treknya juga mendukung. ibarat balapan F1zr main ditrek kering sementara RR main ditrek basah tur becek lan lunyu. soalnya ditahun 2002 populasi motor dan mobil dijalan raya paling gak ada separuhnya dengan populasi sekarang. masih inget kalo pagi ngejar2 angkot biar gak telat masuk kerja, lha populasi angkot gak sebanding dengan penumpangnya, gak kayak sekarang, sering kosongnya.
hmm..bisa jadi seperti itu..memang 2002 jalanan sby tak sepadat seperti saat ini..tapi itu terjadi didaerah sby dan sekitarnya
keadaan di sby berbanding terbalik di jalur kertosono-jombang jalananya begitu luas,dua jalur kanan dan dua jalur kiri..beda ama dulu bro,start dari kediri ampe sby ya tetep 2 jalur..kecuali bypass krian
..
tapi bukan itu saja sih..bentuk motor antara fizr dan ninja rr nyang bikin pembedanya..fizr dengan bodi kecil dan tenaga lumayan sangat efektif menjaga av speed..sedangkan ninja bolehlah melaju sampe spido mentok.di jalur straight,tapi begitu lepas bypass krian dan memasuki jalur sepanjang-bunderan waru sampe jmp..wadah..ancur macetnya ndak ketulungan..itu kalo ninja…kalo sedang menggunakan fu,traffic enggak begitu memangkas waktu bodi kecil..stang kemudi gak lebar..power band halus..ya begitulah kira2 🙂
Akselarasi is everiting
bad:
bisa jadi iya bisa jadi enggak hehehe
yg penting Jokinya
bad
benuuul…..lak jare mbahku iku arane man behind the gun
malang-suroboyo 1 jam 15 menit pas nyampe bunderan waru ehehehe
GL pro, djaman doloe sebelum ada lumpur lapindo mas
laporan selese
bad:
pasti sampean ridingnya dg citarasa seni yg tinggi .. ya ndak hehehe…sruntulan gak nggenah…
mungkin dulu berangkatnya pas malam hari jadi kondisi jalan lumayan lengah nah sekarang pas siang hari jadi jalanan ramai kondisinya 😀
fizr berangkat 04.30 sampai jam 05.40
ninja berangkat jam 05.00 sampai jam 07 kurang sedikiiit
supra start jam 19.30 finis jam 22.00
satria fu start 6.30 finish 08.00
demikian kalo ndak salah 😆
Bung kalo mau ngitung lap time mending di sirkuit, kalo di jalan nanti pasti jadi budaya ‘sruntulan’ karena waktu adalah segalanya….jadi biar sama2 selamat, safety & empati aja…OKe
yup..itu dia jatim gak punya sirkuit
– Dugaan sampean salah mas bro.. saya ndak sruntulan lha wong berangkat dari ngalam subuh2 ahahaha 😆 paling banter ketemu bakul pitik isuk2 (ayam) mulai tersendat di pasar porong, selanjutnya lantjar lagi weeeks jadi ndak sruntulan
– Jatim ada sirkuit mas bro.. tapi sirkuit pasar senggol di kenjeran ahahahay 🙄
bad:
kenjeran cocoknya dipake gokart aja..hehehe..emoh aku lak sirkuit lak cuman koyok kenjeran ae
wah pake F1ZR memang Asyik Srooo
aku jug apernah buat rekor dengan F1ZR, Cilacap Banyumas 45 menit, pake Grand 1 jam 15 menit, pake Shogun 125 50 menit
bad:
jaraknya ..? 😆
mas bad,
saya pernah ponorogo-sby (rumah to rumah) 214km naik kawak athlete
berangkat 00:10 sampe 02:55. ga mungkin sruntulan ini. lah sepi buanget. gas poll dari berangkat, akhirnya isi bensin 2x full tank a.k.a 8liter.
ini rekorku dah. tercepat (waktu
bad:
mangstab bro 3jam
setelah tak lihat2 lagi fotonya, hape yang dipake itu tipe samsung valencia (C6625) ya, baru ngeh aku. kl buat ngitung kecepatan ditambahin softwere opo meneh mas?, GPS-nya nguras pulsa yo?
bad
pake sopwer gpsed bro..gak nguras pulsa..coz valencia dah punya gps integrated sistem
yo ga iso disamakan mas bad,wong biyen kr saiki wes bedo.trafic jmbang mojokerto nek isuk, po mneh dino senen byuh..rame pol..po meneh by pass mojokerto.
bad:
jombang mojokerto dulu dua jalur aja…sekarang kan dah 4 jalur bro hehehe..
walah mas babad ki piye tho? tahun 2002 kan jumlah motor hanya sedikit jika dibandingkan saat ini yg jumlahnya berjibun sampai ngruwel
wah arek suroboyo toh mas, mampir y klo ke surabaya 😀
Sori mas komen.
Ga heran mas kalo F1zr menurut penelitian mas berada di bawah RR. meski top speed saya bilang kurang tapi untuk akselerasi bisa koq nyaingi macam scorpio
salam kenal cak…..
setuja dg argumen tsb…..
dulu motorku kharisma 125 spek modif top speed ( speedo meter) 130kph rekor yg aku buat …. Pandaan-mjokerto-jombang-kertosono- dan seterusnya sampai JOGJA …jarak 400km…. lap time: 5,5jam (nigth touring) start jam 11 malam, finish 04:30 subuh………. bener2 jalanan sepi+lancar (mudik dari tempat kerja-home)
kemudian 1thn kemudian aku pindah kerja di karawang…(wis dudu arek jatim 😦 )
mencoba ber kesempatan touring lagi , JOGJA-pandaan-malang-sby, kali ini tunggangan awak alhamdulillah wis dadi CBR150R….. top speed (speedo meter) 150kph….. namun karena touring dilakukan start siang hari yg average speednya tdk terjaga total lap time cuma 7,5 jam…….. (kalah dibanding bebek ku)
semua kembali ke konsistensi menjaga speed.. + faktor2 gangguan lainnya…..
🙂 salam kenal by azizy_horee asli jogja pernah jadi arek sby-malang……..
……kuangen rek pesona jawatimur,,,,,, saiki ndek karawang puanashhh puolllll…:)
bad
salam kenal jugak bro
salam biker aja deh 🙂
macet kali sekarang mahhhh
waktu itu masih sepi kali kang,,jadi lebih ok best time nya,,,dibanddingkan skrng
bro mau tanya tentan momiku kopling saya kok lo pas macet tu dh g bis di kopling
motor tetap jl walau dh d kopling, tp sya cek kampas kpling ‘ny masih,trus giginy juga susah d oper trus ada yg bunyi sesek gitu lo lg jl ,,trus lariny juga berat lo mau ringan d ganti apa y yg cocok buat gigi momik,cdi perlu ganti g….
betul banget bro,gw tiap mggu plg kerumah jaraknya 160kiloan,biasa stat eh start jam 4.00 kok bisa lebih cepet pake Supri125 dibnding nininR, selisih bisa ½ jam, klo supri gw bisa sampe rumah jam 6,tp klo ninin bisa ½7malem malah kadang lewat Y_Y..,setelah gw renung klo make supri ternyata gw bisa konstan, mgkin faktor psikologis juga yah,klo pake ninin jadi lebih hati² aka waspada klo dijalan dibanding naek supri..
wah..av nya 80km/j..gw ingetin aja dah..tetep waspada bro..jangan lupa tetep responsibel riding..
Setuju bro :).
Sama juga kalau di dalam kota, pakai motor yang kenceng dan matic pun waktu di jalannya sebetulnya sama aja.
Pada ngomongin Kecepatan Rata2 tanpa GPS = HOAX..
Wkwkwkwk….
bad:
are u stupid
Gue ambil ksimpulan, yang namany pengendara puny kapasitas sndiri2, jkapun bawa mtr yg CC bsar malah jd tambah lama nyampe krn malah jd sgt hati2 dlm memgendara. makanya top speed bukan sgalany
@car
betuull…..setuju banget
klo pengalaman saya bandung-pangalengan jarak 52km pake karisma bisa 2 jam kadang lebih kadang kurang,,pake jupiter mx juga sama sekitar segitu waktunya
Kalo berangkat malem hari dijamin lebih cepet lagi 😀
mantaf om, FU keduax 😀
salam kenal dari motken :shakehand
salam kenal balik bro 🙂
kecuali kalo matanya rabun…berangkat malam malah koyok keong racun…xixixi
bro coba berangkat jam 3 pagi pakai rr pasti pecah tuh rekor, lgian gak bisa buat ukuran kan ramainya jalan sm macetnya jg gak sama, top speed memang bukan segalanya yg penting kenyamanan yg kita rasa saat berkedara, mau rr,visin,bajaj yg penting sopan berlalulintas bro
emang betul top speed bukan satu2nya jalan utk mempersingkat waktu. Gw sering kl lg manasin n250r ampe 50 km. Sering geber2an ma satria fu, wlpun top speednya jauh kec 130 kmh n250 aj fu dh tertinggal pdhl ninin gw geber ampe 140an tp jarak 10 km tetep aja nempel, krn semakin kenceng malah sering ngerem, pas lg ngerem, nggu mo nyalip fu mendekat, malah gw akhirnya disalip soalnya lalin rada padet.
@bad
Top speed ninja rr loe ampe 200kmh, diapain aj bro..g std lg ya? Gw msh penasaran kl n250 vs n150rr top speednya aj unggul mana, kl aksel jelaslah rr menang jauh. Ad temen di sby pnya kedua motor ini katanya n250 diadu sm n150rr. Hasilnya n250 lari 170 kmh n150rr lari 190 kmh masih kenceng n250 lho. Sm2 g std lg.
kalo rr sama n250r blum pernah ngukur bro..rata2 lari rr di spido emang 190~200..kita semua faham..spido bukan alat ukur yg akurat..gw ada gps cuman belum nemu trek nya bro
pernah gw pake motor di jalur PANTURA gw gk tw nama daerahnya,, gw tempuh dalam waktu 2menit dengan jarak tempuh 6km ,, kec gw batesin gk lwt di gear 4, ,
gw pake gsx r 600.. skrng dah gk brani ngebut jalanan udah rame bahaya bwt gw n orang lain jg..
Enak gae cb bos.. Lmyan seh.. Ponorogo sby 2jam nyampe.. Hehehe.. Jalan siang paleng slisih 1jam.
ini kan trgantung joki nya boz, kalo joki nya kaya rossi mungkin bisa lebih cepet naik ninja nya
setuju banget bro. Gw jg ngalamin persis ente. Gw kul dimalang tp pacar gw di kediri sering bolak balik. Waktu malang kediri tembus 45 menit. Dr malang kediri lewat surabaya 3 jam. Malang surabaya 1 jam. Pernah cm 45 menit. It’s record bwt gw. Semua tu dilakukan diatas F1ZR Full Clutch 2001
mengingatkan gw kembali ke masa kuliah.. Malang surabaya selalu ada saja gl pro atw tiger yg coba menjajal kedahsyatan mesin F1ZR semi korek gw. Pernah ketemu rx king di daerah pasuruan. Putus jg rx kingnya. Makan asap gw. Dulu thn 2002-2003 blm ad lumpur. Msh muyus. Tp thn 2005 gw dah balik ke balikpapan meninggalkan segala kenangan. Hikz3 jd curhat
Sudah pasti kecepatan rata- rata berbanding lurus dengan waktu tempuh, paham kan? Sedangkan top speed belum tentu berbanding lurus dengan kecepatan rata-rata yang akan mempengaruhi waktu tempuh itu.
Mengenai informasi kamu itu, Saya sangat meragukan data kecepatan rata-rata YF1ZR (kondisi standar). Kecepatan rata-rata pasti jauh dibawah top speed, kecuali tes diadakan di jalan lurus, dan benar2 tanpa hambatan misal landasan pacu pesawat terbang, jalan tol lepas tengah malam, dll. Sekian argumen dari Saya.
ane juga pernah, gan paling cepet waktu malem2 lalin sepi.
motor ane abs revo
perjaanan dari rumah (lamongan) menujupelabuhan ujung (perak) surabaya
cuma utuh waktu 45 menit
Ae se7 ama yg posting ne artikel,, Beginiiiiiiii :
F1ZR bs total timenya kecil krn d’jalanan 1. Motor kecil yg mudah d’kendaliin,
2. Tarikan jarak pendek’y bgs, krn 2 tak. bs mudah nyelip nyelip d’antara mobil2 dan motor lain.
3. Krn maaf (motor agak murah) ktimbang RR, jd g takut kesenggol / lecet dikit shingga lbh brani hap hap gt deh,,
Lain dg Supra dan Satria yg 4 tak (tarikan jarak pendek’y lemot),, dan ninja 2 tak sih, tp berat buat meliuk liuk, yg ada malah sering melebar ditikungan lok agak ngebut, ngeri kaaan??
So, utk jalan padat F1ZR lbh lincah nan bertenaga ::
Kalu ninja rr ana nganj0ex sidoarjo kalu berangkat pagi2 jm 04.00 hanya 1.30 jam aja tpi kalu udach msuk jam 06.30 udach dech nganjuk sidoarjo bisa 3.30 lamanya . .
Sekarang kita bisa fikirin doNG . .
Bante macet gk iso cepet
Alon tp lancar jaya
kalo ane pernah trek banjarmasin – sampit (500km) pake jupi mx (top=130kmh, v ratenya kagak tau) , tembus 4 jam 30 menit tanpa istirahat, begitu nyampe, mesin overheat :ngakak
Pembalap yang hanya jago dalam jalur lurus adalah amatir! (Ryosuke Takahasi)
Nova Sonic Aq bisa nembus 135km! Apalagi kalo pake Promen yang dicampur di tangki bensin kuat lari 5 jam, wkwkwkwk!
iya bukan segalanya. katanya spido rr ada selisih 20km/jam,jd kalau di spido 150km/jam, lari motor sebenarnya cuman 130km/jam, kalau shogun selisih 10km/jam kalau gak salah yamaha jg selisih 15-20km/jam dg lari motor