jump to navigation

lagi-lagi super kips .. 10 Oktober 2011

Posted by babad150f in Uncategorized.
trackback

Hello biker..lagi2 superkips ninja 150(kedepan disingkat ”kips” aja)..brother adalah penyemplak motor 2tak ini?..coba search di google bagaimana kips bekerja..kendala-kendalanya..begitu banyak sekali artikel tentang perawatan kips..mulai a ampe z.. memang benar kips adalah doping power ninja 150 series..tapi jangan salah bro..kips ternyata tehnologi jadul mesin motocross kawasaki seri KX 2 stroke..mulai dari KX85..125 ampe KX250 semuanya dah duluan pake KIPS ..dan seri KIPS nyang paling ampuh adalah HI-KIPS milik KRR150SE nyang mana mekanisme menggunakan control servo mirip2 RC valve nya NSR150(cmiiw)..tapi nggak tau kenapa kedepan seri hi-kips malah diganti mekanisme manual seperti seri kips pendahulunya..nah kalo alasan kenapa,silahken tanya ingsinyur2 kawasaki..tapi menurut hemat saya karena tipe kips manual lebih mudah di tune up..
grafikkips.gif
superkips1.jpg

Setelah cerita saya diatas mari kita tangani satu2 masalah kips di ninja 150 series..
(pertama).
superkips dengan lapisan teflon yg gampang mengelupas..menyebabkan permukaan katub tidak merata dan gampang jadi penyebab macet
Solusinya:
Ya di kerok aja sekalian semua..agar perputaran katub kips lebih lancar..kerok ampe habis lanjut di lap pake brasso..agar kuningan nya mengkilab
brassometalpolis.jpg

(kedua)
Apabila mekanisme KIPS masih sering macet..dalam kurun 2mingguan..obat nyang mujarab adalah menutub lubang hisap udara di kotak kecil bertulis HSAS..tutup menggunakan apa ajalah yg penting tertutup dan menghalangi masuknya udara ke system HSAS nya dan penutup tahan terhadap getaran maupun goncangan saat berkendara,cara ini mirip menutup sistem lubang PAIRS nya suzuki satria F 150 yg katanya menambah power..padahal ya enggak..cuman menyempurnakan pembakaranya saja..mengingat sistem penekan emisi gas buang selalu mengorbankan power walo,hanya se **il.

(ketiga)
Iya,Masalah pertama n kedua dah kelar..Masih aja nggak puas ama kips..segera beli tiket pesawat rasakan sensasi take off nya..๐Ÿ˜†
Nah begini..kips itu merupakan mekanisme..nyang mana,namanya mekanisme itu ajustable..alias bisa di setel bro..emang ada nyang mengganjal pegas sentrifulgar nya..agar kips membuka lebih awal..tapi cara ini sedikit rumit..tentunya dengan menguras collant di radiator..menguras oli girbok..coz masalahnya harus membuka bak kopling(cmiiw)
Dan hasilnya belum tentu seperti keinginan semua tipe biker..karna saya rasa,motor akan susah di bawa nyantai..bagemana enggak..putaran 6000rpm kips dah langsung terasa open nya..beda ama setting standart nya rpm 6000 kips masih belum terlalu terasa..sehingga rpm 6250’an masih bisa enjoy jalan dengan suara adem di kecepatan 100kmh..
Caranya:
Pertama buka fairing dulu
bukafairing1.jpg
bukafairing2.jpg
selanjutnya buka karet pelindung mekanisme kips..
kendorin baut(putarkanan)gigi pemutar kips..kendorin aja gak usah dilepas..selanjutnya..start enjin..rpm stasioner aja..dengarkan suara kenalpot..sambil open kips secara manual pake tangan..dorong dengan jari pada gigi pemutar kips..kenali suara kenalpot..antara ketika kips membuka dan menutup..nah..selanjutnya..atur agar jeda antara kips menutup dan membuka nya sesingkat mungkin..caranya..buka kips penuh lalu tutup perlahan sampai suara kenalpot menyampaikan bahwa kips baru aja menutup..nah saat itu juga kencangin(putarkiri)baut pengikat gigi kips nya..selanjut di test..rasakan bahwa telah tidak ada jeda(biasanya rpm7000)transisi power..penyaluran tenaga kips lebih terasa nyambung antara mid to top..
nc bayu.jpeg

sumber:
Facebook ninja comunity(nc bayu)
Kips at google search
menutup hsas by hourex150l
Kips macet/kaskus
Problem kips/ google search

Posted by Wordmobi

Komentar»

1. extraordinaryperson - 10 Oktober 2011
2. babad150f - 10 Oktober 2011

tp kips sering menuai masalah masbro..dan cukup bikin risih dan gelisah kalo kips sering nyangkut..hehehe..

3. Taufik "NOBANER'S" - 10 Oktober 2011

Ane baru tahu klu ternyata skips krrse pake servo juga. Ada link sumbernya g bro babad??? Penasaran ni soalnya diliat sekilas bentuknya sama saja, apalagi blok pdk gold krrse fullset dah banyak yg pasang tp g da yg nyinggung2 masalah skips pake servo jg.

Nice info bro babad, Siapa tahu ada bahan buat modifan bro…hehehe

“North Batavia Ninja”

4. babad150f - 11 Oktober 2011

Pernah baca aja bro..ntah di forum mana lupa saya..saya juga belum paham kenapa kok nyang pake pdk gold fine2 aja,gak da penyesuaian..coba di google aja..generasi hi kips buat PDK R1 aka serpico SE..
Welcome tu mai blog..๐Ÿ™‚

5. asmarantaka - 11 Oktober 2011
6. B M W โ™ฃ - 11 Oktober 2011

Wah 4tak ku gak pake kips

7. babad150f - 11 Oktober 2011

@Lingga
di copot terus di loak ne..lumayan pake kuningan soale:mrgreen:

@bmw
bi em dabel yu..๐Ÿ™‚

8. Hourex150L - 11 Oktober 2011

untuk yang Ke 3 gak bisa bagi BIker yang punya riwayat sakit THT mas Bro,,๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ keknya Saya punya solusinya (bagi biker dengan gangguan kepekaan pendengaran#abaikan#) hahaha nii http://www.hourex150l.wordpress.com/2011/02/28/superkips-akan-lebih-nendang-ii/

Mirip tho Mas,, tapi beda caranya..:mrgreen:

PISS..

9. Hourex150L - 11 Oktober 2011

nambah lagi Brade,, sekedar Laporan saja sudah lebih setahun superkips pengawal saya si NaRjo belum pernah Macet sekalipun..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

pokoe lancar jaya..

Piss lagi

10. babad150f - 12 Oktober 2011

Karena sampean tinggal di sirkuit yg lancar jaya juga masbro..jadi kips nya sering di gunakan..๐Ÿ™‚
Xexexexe..
..
betul2 ternyata sama tujuanya..tapi beda cara.. Siiip..

11. adjokasep - 13 Oktober 2011
12. babad150f - 14 Oktober 2011

maaf terjadi kesalahan informasi..kips series yg pake control servo ternyata ada di motor 250 cc 2 cyl 2 tak ..yg diproduksi taun 90-92 kawasaki KR-1 S..Generasi kips versi KRR150SE masih memakai RPM dependent alias sama seperti KIPS ninja series lokal..

13. babad150f - 14 Oktober 2011

@ojo kasep
Lansung ke tekapee:mrgreen:

14. ipanase - 16 Oktober 2011

yang penting 220 km/jam

15. parto - 29 Oktober 2011

ternyata dah diralat๐Ÿ˜€

generasi KR150 ga ada yg pake servo mas bad๐Ÿ˜€

16. martini - 31 Oktober 2011

wah…sama kayak si nasir…nek pengontrol tinggi lubang buang macet motore ora mlayu

17. Babad150f - 2 November 2011

Iya dah saya confirmasi diatas..kalo nyang pake servo ternyata kr 1 s..sama2 kr nya ..eh ternyata setelah yak silidilidiki 250cc 2tak..
*mohon maklum..xixixixi..:mrgreen:

18. bimo96 - 7 November 2011

ane gak ngerti makklum ane anak Alay ker๐Ÿ˜€

19. dhika - 17 November 2011

@babad150f mau nnya nih bang, klo timming bell pengapian satria R jelek, gra2 knp yah?

20. Aditya Ajjah - 19 November 2011

Mohon maaf ya sebelum nya

wa mw tanya timer tercepat drag 200/201 meter nya berapa ya…?

21. Aditya Ajjah - 19 November 2011

Mau nanya lagi nih bang

gwa udah bikin RXZ habis 58 juta tapi koq cuman dapat 7,69 detik

sedangkan mio org surabaya udah dapat 6,49

itu kenapa ya bang…?

22. Aditya Ajjah - 19 November 2011

Mohon balasan nya ya bng

Thank’s

23. babad150f - 20 Desember 2011

coba aplikasi quick sifter..dulu alat ini pernah di aplikasi kelas rodrace underbone tune up seeded 2 tak ..pindah gigi lebih cepat dan rpm tidak perlu down..karena saat itu quicksifter dianggap merepotkan di track roadrace maka alat ini tidak begitu dikenal..setau saya timer 7,4 skond milik tim mihama dg yz250 pun sudah di salip ama timer mio..saya rasa quick sifter adalah jawaban untuk mengungguli time motor2 dragbike kelas matic..

24. learningfromlives - 3 Januari 2012

Buat cewek memang paling ccocok pake matic..
Monggo dibaca :
http://learningfromlives.wordpress.com/2012/01/01/cewek-dan-motorsport-hal-yang-lagi-marak/

25. CB 150 F HORNET a.k.a New Megatron - 6 Januari 2012

bad update dnk blognya …ah payah ente …๐Ÿ˜›

babad150f - 4 April 2012

nggak ada bahan..:mrgreen: kira2 mbahas apa yaq?๐Ÿ˜Ž

26. Eski - 4 April 2012

Sy justru potong per sntrifugal kips spy cpt membuka, ganjal pke ring dimanapun tmptx mlh smkin menekan per hsilx kips mkin lambat membukax, sy sdh coba bro2 smua.

babad150f - 4 April 2012

potong terus di olor/ditarik lebih panjang lagi yaq?๐Ÿ˜Ž

27. umar - 20 Mei 2012

suhuu, saya beli ninja RR taon 2011 nih.. ceritanya pernah ceket karena lupa isi oli samping sehingga si ninja nginep di bengkel.. pas bener eeh superkipsnya ga ngbuka dan yang parah di kecepatan tinggi mesin mati dan ban belakang berhenti mendadak (yakin nih dijailin ama orang bengkel) gimana ya cara benerinnya ? saya kapok suhu ke bengkel๐Ÿ˜ฆ thanks

babad150f - 20 Mei 2012

saya rasa bukan di jailin bro..kayaknya bengkelnya salah pasang mekanisme kips..
Kalo baret silinder nya belum parah bisa pake cairan xado moto..lumayan lah hasilnya walau enggak spenuhnya kembali total seperti baru..
Kalo kehabisan oli samping emang parah bro,,saya dulu juga mengalami..
Kalo mau balik baru part nya ini:
-Cylinder block
-piston set(termasuk ring n clip)
-packing full set
-bearing set
-stang piston 1 set termasuk bearing(200rb)
Kalau sudah ganti semua jangan lupa inreyen(breakin) lagi..ikuti buku pedoman pemilik aja caranya

zbjork@yahoo.com - 17 Februari 2013

IY MAS SAYA BARU” KEHABISAN OLI SAMPING”. . .
SUARANYA NGAK ASYIK AMAT,,TOLONG SOLUSI NYA MAS. . .

NINJA RR KIPS 2012


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: