hiburan dari karbu vm28 original ninja 150 rr 30 Januari 2012
Posted by babad150f in modif, ninja.trackback
men set up karbu motor merupaken hiburan tersendiri,ibaratken manusia, karbu bagaiken ”dompet”..mau di set basah atau kering pengaruhnya begitu signifikan pada pembentukan karakter power sebuah motor..awalnya saya menyerahken setting karbu ke mekanik,dan saya cukup sebagai test rider nya..sedikitnya 3 mekanik berbeda sudah mencicipi setting karbu mikuni vm 28 di ninin rr saya..dan hasilnya pun berbeda2 sesuai selera mekanik itu sendiri..tapi setelah saya simpulken ternyata mekanik bengkel salah persepsi dengan niat setting kemauan saya,dan akirnya setting nggak pas ama ”gaya balap saya” yg lebih suka tarikan smooth..
Dari ketiga mekanik semuanya suka settingan basah..maunya motor di geber2 dulu sebelum start..nyetel angin aja di geber berulang-ulang kali..bahkan sampe red line..ampun mboook..
Akirnya demi settingan nyang bisa nge-click ama hati saya..saya sempatkan isi dompet buat nebus toolkit-set sendiri..dan saya sempatkan waktu luang buat setting karbu,setting kips dll..
Tapi disini saya hanya cerita tentang setting karbu aja..
saya ambil salah satu contoh taste set up karbu dari salah satu bengkel rujukan saya..setingan basah,entah kurang tau jugak kenapa kebanyakan mekanik menyukai setelan basah..maksudnya settingan dg pasokan bbm lebih banyak,padahal motor kenceng tuh nggak melulu harus boros kan.setingah basah begitu,bawa motor nya harus kasar,palagikalo warming up,perlu waktu yg cukup lama untuk mencapai suhu mesin optimal.kalaupun dipaksa dipastikan tarikan musti brebet dulu di iringi asap tebel barulah akselarasi nya muncul,gejalanya akan lenyap setelah mesin sudah bener2 panas..hehehehe nggak saya banget deh kalo begitu..
selanjutnya mari kita lihat review masing2 set up dengan trial n error yg cukup bikin puyeng tapi menyenangkan..
bongkar karbu pertama kali saya pake pasangan spuyer pj30 berikut mainjet nya 280 dan klip pada jarum skep belum saya pindah2
hasilnya
tarikan rpm bawahnya boleh dikatakn terlalu spontan..namun kalo langsung di tarik buka an gede langsung brebet…xixixixi..malu2in aja,apalagi setelah brebet montor seperti loncat..hahahaha..nggak asik banget,dan ketika sudah mencapai kecepatan 140 on spido,rpm kebali tersendat sendat..aduh makin nggak nyaman aja nih.setting pertamasaya nyatakan gagal
………..
BREAK DULU GAN..INIH NYANG NUNGGUIN WARNET GENIT AMAT”
IHHHHHH..IH ..HIHHHHH..GEMES
………..
dari testimoni test ride pertama,saya berpikir pj kebesaran maka saya ganti pj jadi 25 dengan mainjet tetep di 280
hasilnya:tarikan pertama spontan ,,rpm tengah ngedrop..top speed lambat diraih
ternyata:duga’an saya ukuran jetting nggak bener..xexexexe..namanya jugak trial n error bro
ganti mainjet ke standartnya mj270 dengan pasangan pj nya tetep di 25
hasilnya:rpm bawah oke..rpm tengah brebet..rpm tingginya motor cepat menjerit namun kecepatanya tertahan..mesin cepat panas banget..GAGAL
sempet beberapa hari saya kembalikan settingan karbu seperti set kedua..yah biasa bro terkendala rutinitas kerja..sampe saya sempat putus asa xixixixixi..seminggu berselang saya sempetkan bongkar karbu lagi..
Memperhatikan..menimbang dengan seksama pada SETTING KE 1,2 dan KE 3 akirnya saya memutusken:
pilotjet masih pake 25 namun saya ubah lagi mainjet nya pake ukuran 280 lagi dan saya pindah klip jarum skep di ulir paling atas..tujuanya agar rpm tengah nya tidak terlalu banyak pasokan bbm
hasilnya;
sesuai dengan gaya riding saya yg nggak suka urakan..saya lebih suka tarikan lembut tapi begitu saya butuh tenaga mendadak settingan karbu ini sanggup memenuhi..hehehehe..asli saya begitu gembira merasakan hasil set keAkirnya..
tarikan pertama spontan tapi smooth..rpm tengah cepet menjerit tapi seakan bisa langsung nyambung ke tenaga open kips..rpm atas nya oke banget tenaganya ngisi sampe topspeed tanpa brebet sedikitpun..
seakan kurang puas..maka tadi pagi saya bawa motor sampe ke track alas baluran..traffict dan keada’an aspal mulai dari ketapang banyuwangi sampe alas baluran memang menggoda bro..halus..track nya panjang2 dengan hiasan tikungan paarabolik..di straight dengan tarikan smooth aja spido sanggup 160..hmmmm..ilike this ..well done
sepenggal pict dari jalan alas baluran dari fb saya
mantep nih,karbu memang asikkkkkkkkkkkkkkkkk
http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/30/tikungan-maut-irung-petruk-di-wonogiri/
sampean memang pertamax.. π
Laik this
siiiip.. π
mungkin si mekanik nge set basah biar aman putaran atasnya pas dibawa ngebut
tapi klo buat harian doang sih jarang geber2an dalam jangka waktu lama,mending cari settingan pas,bisa dilihat dari warna ujung busi yg berwarna coklat bata
thanx bro..
Kalo menilik feel saya rpm atasnya basah..bawah pas..lha tengahnya kering..so far kemarin sudah saya test lumayan sekitar 50km..tanpa kekeringan..atau overheat..hmmm..emang sih dalam segi axelarasi lebih galak yg basah kalo di pake geber2an.. π
pj na. . . .krang bsar tu . . . . . .jdi intek. . . . .gk maen.
harus. . . .di stel dlu la. . . .intek na…..
sepertinya memang bro..kalo pake pj27,5 kayaknya pas..tapi belum nyoba..masih seneng pj25
..
Intek maksudnya RIS ya,tabung induksi..kemaren saya dah nyoba pj30 kedodoran mas..masih brebet..tergantung cara bawanya sih..kalo ridernya agresiv suka geber2an mungkin cocoknya pake pj30..kalo tipikal saya main gasnya halus ..jadi suka yg kering2 dikit.. π
ajari saya nyetel intek ..kayaknya asik jugak tuh bro
RR mantap.. Tapi mbikin boyok pegel..
boyok sih enggak mas..justru tangan ama pundak nyang pegel.. π
secepat apapun rr, ttp aja 2 tak, gak ramah lingkungan !!!!
iya bener.. Asap knapoltnya lebih polusi dari cerobong pabrik industri π
sutandariyah kan lulus euro II mas π
lain lagi kalo sudah ganti knalpot
walaupun ganti kenalpot..efek ke global warming bisa di kataken cuman 0,00000000sekian %..masih banyak truk,bis-bis,cerobong pabrik yg lebih berperan menyebabkan global marning..
π
Itu yang ngomong dikit dikit polusi,.. Sotoy deh llu.. πΏ
bravo 2 stroke lover..
like like like
kebetulan sama nih.. bloeh nanya kan mas.
PJ 27.5 MJ standart. pada tarikan atas brebet/ngempos… minta solusinya mas, tuk yg lainnya masih standart π
Kok vm 28 ane gk bisa disetel clipnyx ?
bro , ane bru punya nih RKIP 150
nah , ane mau nanya ama ente
ane mau modif mesin nya ane ,,, biar cepet ky di artikel ente
punya ane ,, klo pertaa di jalanin , brebet mulu , gigi 1 – gigi 2 gitu
tp ane paksa pada gigi 3 dapet tuh 100 km/jam
nah , masalah ane , mau ilangin tuh brebet nya
ganggu bnget
apa solusi nya buat ane ???
thanks banget bro
Ninja r apa rr bro..soalnya karbu nya beda..kalo ninja r pake pwl26 kalo rr pake vm28 standart..bukan masalah gigi satu atau dua..tapi di rpm berapa brebetnya..motor masih standart apa udah ubahan?
ninja RKIP 150 bro .,.,.
motor standart bro , blom di apa2in
skekitar RPM 3,4,5 bro
abis tu anteng dah
Check stelan oli samping..apa asapnya terlalu tebal?
tebal banget kalo waktu starting pagi2 bro .,.,., klo sdh panas dah gak berasep lagi
Pasti jarang di geber nih ninja nya..paling nggak 1x sehari mainin gass ampe 13000rpm mas..sekali aja..soalnya kalo keseringan juga nggak bagus buat mesin..yg penting udah nyampe 13000rpm jangan di geber lagi..atau 12000rpm juga oke..buat membakar tuntas sisa2 oli yg belum terbakar di saluran gas buang..maupun di intake nya
iye jarang .,., di pake sehari juga jarang bro .,.,. owh gitu ya
sep lahhh ,,, pasti w coba saran lo bray
ninja saya pj 25 mj 260 aja terlalu boros, mau ngajak kaya tu motor,,, terpaksa pake mj rk king, saya gedein sendiri lobangnya dehh,,,
irit gan
ngajak kaya nie ninin gan,,hahhahaa
gan klo pJ 25 trus mJ nya pake 280 bisa ga?
ninja sy ber masalah klo di geber mesinya cepet panas pdahal stelan oil smping juga diborosin.
semenjak ganti kenalpot racing. pJ mJ juga ganti.
minta solusi gan π
sampean pake karbu apa gan, vm ato pwk,,, ada kendala mberebet ato ngempos tenaga gak,,,
kalau mesin cepat panas terlalu irit bisa, setelan angin karbu terlalu besar, radiator bermasalah juga bisa gan
hallo boss!!!
ikutan gabung ya
ane jg pnya ninja rr udah ganti knalpot R9
ane udah pusing boss gonta ganti spuyer berkali2 tp gak dpet settingan yg pas
ane pake pj 25 mj 270 (standar) bawahnya enak tp tengahnya brebet sama atasnya terlalu panjang nafasnya alias lama dapet top speednya
pj 27,5 mj 270 (standar) bawahnya brebet, tengahnya enak n atasnya jg lumayan enak
pj 25 mj 280 bawahnya enak, tengahnya enak tp atasnya brebet alias nahan
katanya sieh mj standar udah boros bgt jd gausah diganti
ane mw coba saran ente boss yg pake pj 25 mj 280 n klip jarum skep dinaikin paling atas
tks
kalau menurut ane ganti knalpot r9 sih G harus ikut naik ukuran main jet gan, untuk karakter setingan tergantung permintaan mesin, tapi kalau sampean mau coba naikkan klip jarum skep sih gak apa, apa salahnya mencoba, tapi kalau tarikan rpm ata berat, menurut ane sih turunin main jet gan,,, thankz,,
Pljran yng sngt brhrga wajib dcoba,,,
Kalo pke knalpot CMS kiraβ setingan yg pas brpa ya….
Agan babad…kalo PJ 25 dan MJ 275 hasil’a gmn???ente dah coba??? PJ ente kan naik 1 step dan MJ ente naik 2 step kan??? Jadi kalo masing naik 1 step gmn???
Mas bro cara setel klip jarum nya gimn yah ??