Membaca busi..reading sparkplug 31 Juli 2013
Posted by babad150f in Uncategorized.trackback
sekian lama akirnya jumpa lagi kawan..dalam postingan bertema busi,atau selanjutnya kita akan sedikit mengenal tentang bagaimana membaca,menafsirkan apa yg terdapat pada ujung busi yg nyemplung di area ruang bakar,biasanya setelah speda motor mengalami upgrade semisal ganti knalpot racing maka rider akan me jetting ulang karburator,jetting bahasa seting karbu agar pasokan karbu sesuai dengan permintaan ruang bakar,nah parameternya adalah busi,banyak kan yg bilang kalo pembakaran pas itu ditandai dengan busi yg kelihatan merah bata..oke mari kita kupas sama2..saya hanya ikut menyumbangkan sedikit yg saya dapat dari google searching..dan sedikit pengalaman tentang reading plug(membaca busi)
parameter jetting ada 4 titik utama yg harus dilihat
1.ground strap
2.elektroda
3.insulator
4.thread base
lalu bagaimana yg seharusnya di perlihatkan oleh bagian2 tersebut telah menandakan jetting sempurna..lanjuuuut
1.ground strap:disana menandakan tipe busi(heat range) pas atau tidak dengan ruang bakar,jika panas busi pas maka separuh dari bagian ground stap ada warna terang dan separu gelap,jika semua senada gelap keseluruan menendakan pemilihan busi terlalu dingin,dan pun sebaliknya jika senada terang semua adalah pemilihan busi terlalu panas
2.elektroda
adalah tempat parameter timing pengapian,caranya:warna yg lebih terang pada bagian tersebut harus sama atau lebih kurang 0,5mm,jika lebih menandakan pengapian terlalu maju
3.insulator
sama seperti groundstrap disana merupakan patokan untuk melihat heat range busi..jika coklat muda atau merah bata adalah pas..jika putih,busi terlalu panas
4.thread base atau cincin
disana merupakan patokan campuran bahan bakar,untuk empat tak yg pas adalah coklat medium jika untuk 2 tak adalah abu2,hitam disana merupakan campuran terlalu kaya/basah..jika tanpa warna merupakan campuran bbm dan udara di pembakaranya terlalu lean/kering
berikut adalah gambar panduan untuk sepeda motor 2 tak..cekidot
demikian sekiranya bermanfaat.tak lupa jika ada yg keliru atau kurang silahkan ditambahi ya..oh ya sedikt gambar contoh busi ninja 2 tak courtesy of racing bee,mas om dari bondowoso
[…] sekian lama akirnya jumpa lagi kawan..dalam postingan bertema busi,atau selanjutnya kita akan sedikit mengenal tentang bagaimana membaca,menafsirkan apa yg terdapat pada ujung busi yg nyemplung di area ruang bakar,biasanya setelah speda motor mengalami upgrade semisal ganti knalpot racing maka rider akan me jetting ulang karburator,jetting bahasa seting karbu agar pasokan karbu sesuai dengan permintaan ruang […] Babad150f […]
sip ajib infonya nih π
thanx
jempolnya keren gan…hehehehehe π
mas om racing bee iki.. (y)
woooww…..businya tawon balap :matabelo
pasti kentjeng motornya
mbah met iki ya π
kelihatannya om Rizki nih
Kalo di treat basenya ada kyk kerak/bulu hitam kenapa ya,
motornya apa masbro..2tak pake radiator??
saya mau buka busi aja males banget.. harus buka2 fairing.. enak punya bebek dulu, businya miring..
silahkan mas bro.. π
mantep tuh warna busi, pas banget..lama udh gk bongkar busi ninja, dulu waktu sering jeting karbu pasnya 55/155 mpe skarng msh dipake. masih enak, skitar 6 bulan belum pernah buka busi.
kok kata orang malah di insulator ya yg menandakan jetting pas?
kalo di artikel ini insulator menandakan tipe busi
biar beda hehehehe
yg bener yg mana wkwkwkwk
insulator merupakan jejak panas pembakaran..panas pembakaran di tentukan oleh jetting karburator..heat range busi..n cuaca di sekitar ..
cuma bengkel balap yang ngerti, bengkel pada umumnya biasanya gak ngerti mas.
kemaren nyetting si tua di bengkel umum malah ngaco, basah n boros. di tarik malah brebet…
pindah ke bengkel langganan (pernah punya tim balap). jadi normal lg n gak brebet, bensin jadi lumayan irit (untuk 2 tak).
Thanks infonya, saya jg lagi cari artikel yang membahas busi twin iridium lengkap.