jump to navigation

Membaca busi..reading sparkplug 31 Juli 2013

Posted by babad150f in Uncategorized.
trackback

sekian lama akirnya jumpa lagi kawan..dalam postingan bertema busi,atau selanjutnya kita akan sedikit mengenal tentang bagaimana membaca,menafsirkan apa yg terdapat pada ujung busi yg nyemplung di area ruang bakar,biasanya setelah speda motor mengalami upgrade semisal ganti knalpot racing maka rider akan me jetting ulang karburator,jetting bahasa seting karbu agar pasokan karbu sesuai dengan permintaan ruang bakar,nah parameternya adalah busi,banyak kan yg bilang kalo pembakaran pas itu ditandai dengan busi yg kelihatan merah bata..oke mari kita kupas sama2..saya hanya ikut menyumbangkan sedikit yg saya dapat dari google searching..dan sedikit pengalaman tentang reading plug(membaca busi)
Sparkplug-Closeup-Diagram-500
parameter jetting ada 4 titik utama yg harus dilihat
1.ground strap
2.elektroda
3.insulator
4.thread base
lalu bagaimana yg seharusnya di perlihatkan oleh bagian2 tersebut telah menandakan jetting sempurna..lanjuuuut
image002
1.ground strap:disana menandakan tipe busi(heat range) pas atau tidak dengan ruang bakar,jika panas busi pas maka separuh dari bagian ground stap ada warna terang dan separu gelap,jika semua senada gelap keseluruan menendakan pemilihan busi terlalu dingin,dan pun sebaliknya jika senada terang semua adalah pemilihan busi terlalu panas

2.elektroda
adalah tempat parameter timing pengapian,caranya:warna yg lebih terang pada bagian tersebut harus sama atau lebih kurang 0,5mm,jika lebih menandakan pengapian terlalu maju

3.insulator
sama seperti groundstrap disana merupakan patokan untuk melihat heat range busi..jika coklat muda atau merah bata adalah pas..jika putih,busi terlalu panas

4.thread base atau cincin
disana merupakan patokan campuran bahan bakar,untuk empat tak yg pas adalah coklat medium jika untuk 2 tak adalah abu2,hitam disana merupakan campuran terlalu kaya/basah..jika tanpa warna merupakan campuran bbm dan udara di pembakaranya terlalu lean/kering

berikut adalah gambar panduan untuk sepeda motor 2 tak..cekidot
sparkplug

demikian sekiranya bermanfaat.tak lupa jika ada yg keliru atau kurang silahkan ditambahi ya..oh ya sedikt gambar contoh busi ninja 2 tak courtesy of racing bee,mas om dari bondowoso
l.php

Komentar»

1. Membaca busi..reading sparkplug | All About CB - 31 Juli 2013

[…] sekian lama akirnya jumpa lagi kawan..dalam postingan bertema busi,atau selanjutnya kita akan sedikit mengenal tentang bagaimana membaca,menafsirkan apa yg terdapat pada ujung busi yg nyemplung di area ruang bakar,biasanya setelah speda motor mengalami upgrade semisal ganti knalpot racing maka rider akan me jetting ulang karburator,jetting bahasa seting karbu agar pasokan karbu sesuai dengan permintaan ruang […] Babad150f […]

2. Aa Ikhwan - 1 Agustus 2013

sip ajib infonya nih πŸ˜€

3. babad150f - 1 Agustus 2013

thanx

4. Iwan Budi Santoso - 1 Agustus 2013

jempolnya keren gan…hehehehehe πŸ˜€

babad150f - 3 Agustus 2013

mas om racing bee iki.. (y)

5. dumsky - 1 Agustus 2013

woooww…..businya tawon balap :matabelo

pasti kentjeng motornya

babad150f - 3 Agustus 2013

mbah met iki ya πŸ˜€

Iwan Budi Santoso - 3 Agustus 2013

kelihatannya om Rizki nih

6. adit - 3 Agustus 2013

Kalo di treat basenya ada kyk kerak/bulu hitam kenapa ya,

babad150f - 3 Agustus 2013

motornya apa masbro..2tak pake radiator??

7. avrian - 9 Agustus 2013

saya mau buka busi aja males banget.. harus buka2 fairing.. enak punya bebek dulu, businya miring..

8. babad150f - 9 Agustus 2013

silahkan mas bro.. πŸ™‚

9. bedul - 9 Agustus 2013

mantep tuh warna busi, pas banget..lama udh gk bongkar busi ninja, dulu waktu sering jeting karbu pasnya 55/155 mpe skarng msh dipake. masih enak, skitar 6 bulan belum pernah buka busi.

10. math - 22 Agustus 2013

kok kata orang malah di insulator ya yg menandakan jetting pas?

kalo di artikel ini insulator menandakan tipe busi

babad150f - 22 Agustus 2013

biar beda hehehehe

math - 22 Agustus 2013

yg bener yg mana wkwkwkwk

babad150f - 13 September 2013

insulator merupakan jejak panas pembakaran..panas pembakaran di tentukan oleh jetting karburator..heat range busi..n cuaca di sekitar ..

11. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 24 Agustus 2013

cuma bengkel balap yang ngerti, bengkel pada umumnya biasanya gak ngerti mas.

kemaren nyetting si tua di bengkel umum malah ngaco, basah n boros. di tarik malah brebet…

pindah ke bengkel langganan (pernah punya tim balap). jadi normal lg n gak brebet, bensin jadi lumayan irit (untuk 2 tak).

12. Variasi Mobil - 5 September 2013

Thanks infonya, saya jg lagi cari artikel yang membahas busi twin iridium lengkap.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: